Bingung Cari Oleh-oleh Betawi di Jakarta? Di Sini Tempatnya

Biji ketapang dan ragam oleh-oleh khas Betawi.
Sumber :
  • romlah.com

VIVA.co.id – Mencari kuliner Betawi di Jakarta memang tidak semudah mencari restoran Eropa atau Jepang. Begitu pula ketika Anda mencari oleh-oleh khas Betawi. Tak heran jika banyak orang yang kurang mengenal camilan dan makanan kecil khas Betawi.

Berburu Menu Buka Puasa di Tangerang, Ada Kuliner Betawi Hingga Bali

Menurut Nia Febriana, salah seorang pengusaha oleh-oleh khas Betawi Mpo Romlah, camilan Betawi yang paling populer dijadikan buah tangan ialah biji ketapang. Ini merupakan makanan ringan berbahan dasar terigu dan kelapa parut.

Ia juga menuturkan bahwa saat ini mencari biji ketapang di Jakarta gampang-gampang susah. Ia sendiri menjual di toko miliknya yang dibuka Februari 2015 lalu di Jagakarsa, Jakarta Selatan.

16 Makanan Khas Betawi yang Wajib Dicicipi, Pasti Ketagihan

“Biji ketapang ini makanan khas Betawi. Biasanya ada di Lebaran aja. Karena mirip, makanya dinamakan biji ketapang. Rasa manis dan empuknya juga pas,” ucap Nia dalam rilis yang diterima VIVA.co.id, Jumat, 22 September 2017.

Keinginan untuk melestarikan dan mempopulerkan budaya Betawi membuat Nia memutuskan untuk membuka toko oleh-oleh Betawi. Tak hanya biji ketapang, ia juga menjual berbagai makanan dan minuman tradisional Betawi lainnya, mulai dari sagon, geplak, akar kelapa, rangginang, dodol, kerak telor hingga bir pletok.

Food Blogger Kanada Nikmat Banget Santap Asinan Betawi

“Selain memperkenalkan aneka jajanan khas Betawi, ada juga suvenir seperti gantungan kunci, dompet, tempat kartu nama, tempelan kulkas dan lain-lain yang diadopsi dari kebudayaan Betawi,” kata Nia.

Pengunjung yang datang ke Mpo Romlah juga akan merasakan nuansa Betawi yang kental, dengan alunan musik, ornamen dan mebel khas Betawi.

Saat ini pusat oleh-oleh Betawi Mpo Romlah hadir di dua tempat, yakni di Jalan Swadaya 2 No 20B, Jagakarsa, Jakarta Selatan dan Harmonie Exchange Mall (Harris Vertu Hotel) Hayam Wuruk.

 

Juaranyee Mpo Romleh neh. Biji ketapang original.. Empuk dengan rasa manisnya nyang pas

A post shared by Romlah Oleh Oleh Jakarta (@romlah_oleh2) on

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya