Food Blogger Kanada Nikmat Banget Santap Asinan Betawi

Food blogger Kanada Luke Martin.
Sumber :
  • Facebook Chopstiktravel

VIVA – Baru-baru ini food blogger asal Kanada Luke Martin dan Sabrina menggunggah video perjalanan kulinernya di Jakarta. Sejumlah makanan khas Betawi pun dicobanya, mulai dari asinan, soto hingga makanan rumahan Betawi yang dibuat oleh Meidina warga Jakarta Barat. 

Profil Bernard Huang, Food Blogger di Balik Akun Deliciousbatam

Dalam video yang diunggahnya di laman Facebook resmi Chopstiktravel miliknya, Luke mengawali kunjungannya ke sebuah rumah makan soto betawi di kawasan Jalan Padang Panjang, Pasar Manggis, Setiabudi Jakarta Selatan. Soto Betawi H. Husein sendiri merupakan salah satu soto betawi yang cukup populer di kalangan pecinta kuliner.

Baca juga: Mencicipi 5 Kuliner Populer 4 Kota Besar Indonesia, Yummy!

Makan Hiu Putih, Wanita Ini Didenda Rp270 Juta

Berdiri sejak tahun 1988, soto legendaris ini selalu ramai dikunjungi dan hanya menyediakan satu menu yakni soto betawi. Dalam video itu, Luke memesan soto campur yang terdiri dari daging sapi, jeroan seperti paru, hingga babat, serta emping mengisi satu mangkok soto tersebut. Menurut Luke, soto tersebut kaya akan rasa, aroma santan serta daging dan sensasi pedas juga terasa pada soto tersebut. Kuah soto juga terasa begitu creamy dengan paduan susu cair di dalamnya.

Usai menikmati soto betawi, Luke melanjutkan perjalananan kulinernya ke asinan betawi di kawasan Pisangan Baru Tengah, Jakarta Timur. Asinan yang dikunjungi Luke adalah asinan H. Asyumuni. Untuk menu yang dijual di sana adalah asinan buah dan sayur. Asinan buah terdiri dari bengkoang, kedongdong, nanas yang disiram dengan kuah pedas, manis dan asin khas Betawi.

Jelajah Cita Rasa Kuliner Lezat Indonesia di Festival Legendaris

Photo :
  • Facebook Chopstiktravel

Luke pun tersihir dengan cita rasa asinan buah yang begitu segar dan sedikit pedas. Dia juga mencoba asinan sayur yang terdiri dari kol, tauge, tahu putih, mentimun, kerupuk, dan taburan kacang goreng yang disiram dengan bumbu kacang khas. Luke langsung merasakan sensasi segar dari asina sayur dan kacang tidak mendominasi rasa sausnya.

Usai menikmati asinan, Luke kemudian berpindah ke rumah Meidina, salah satu warga Slipi yang juga pengusaha makanan, untuk menikmati sayur asam, tempe goreng dan pecak ikan. Tidak lupa, dia juga membuat sambal goreng untuk dimakan bersama dengan tempe dan hidangan lainnya.

Sontak unggahan Luke itu mendapat apresiasi dari sejumlah warganet Tanah Air. Video itu sudah sudah mendapat lebih dari 5 ribu like dan 425 kali dibagikan.

"Melihat video ini buat saya jadi rindu tanah air. Negara saya memang sangat beragam dan kita juga punya beragam jenis makanan dari seluruh provinsi yang ada di tanah air. Mungkin kalian bisa mengunjungi tempat indah di Indonesia dan menceritakannya ke dunia," komentar warganet.

Baca juga: 5 Rekomendasi Soto Enak di Jakarta Cocok untuk Makan Siang

"saya dari Indonesia dan saat ini saya jadi lapar karena melihat videomu," komentar lainnya.

"Selamat datang di Jakarta Luke," komentar warganet.

"Itu makanan favorit saya, saya sangat rindu dengan soto," ujar lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya