Kenali Penularan Meningitis pada Si Kecil

Ilustrasi ibu.
Sumber :
  • Pexels/Unsplash

VIVA.co.id – Meningitis merupakan penyakit infeksi yang ditularkan melalui percikan cairan tubuh di udara. Ternyata, penyebab meningitis terdiri atas tiga jenis.

Dua Orang Tewas Akibat Infeksi Jamur Otak Usai Jalani Oplas Murah

Secara ilmiah, meningitis berarti infeksi pada selaput otak. Di mana, peradangan terjadi di sekitar selaput otak, yang seharusnya berfungsi dengan baik dalam menjaga organ otak dari ancaman di luarnya.

"Meningen ini seharusnya berfungsi melindungi otak, jadi saat radang, dia tidak lagi bisa melindungi organ otak. Peradangannya dipicu oleh tiga hal yaitu bakteri, jamur, dan virus," ujar spesialis anak, dr. Darmady Darmawan, SpA., kepada VIVA.co.id.

Syarat Haji, Kemenkes Terbitkan Sertifikat Vaksin Meningitis di Aplikasi Ini

Dari tiga jenis pemicunya, yang paling berbahaya adalah dari jenis bakteri. Sebab, bakteri tersebut cenderung dimiliki oleh banyak orang dan sulit dibasmi tanpa antibiotik.

"Bakteri yang paling sering memicu meningitis yaitu hemofillus influenza b, streptokokus pneumoni, dan neisseria meningitis. Orang sekitar yang memiliki bakteri tersebut, kemudian batuk, kena anak, dan memicu infeksi," ujar dokter yang bekerja di Rumah Sakit Evasari, Jakarta itu.

Idap Sinusitis Kronis, Ashanty Segera Jalani Operasi

Dia melanjutkan, melalui penyebaran tersebut, bakteri yang hinggap akan masuk melalui saluran pernapasan anak. Selanjutnya, kuman akan beredar dengan cepat melalui peredaran darah.

"Port to entry atau tempat masuk bakterinya itu melalui saluran napas lalu ke peredaran darah dan sampai ke otak. Butuh beberapa minggu, mungkin dua minggu, untuk akhirnya infeksi tersebut menunjukkan gejalanya," kata dia. (art)

ilustrasi operasi plastik

Two Died from Fungal Brain Infection Linked to Cheap Plastic Surgery

Two Americans have died from suspected fungal infections in their brains and spinal cords after traveling to Mexico for cheap plastic surgery.

img_title
VIVA.co.id
31 Mei 2023