Hiu Mako Berkelana 20 Ribu Km Kurang Dari Dua Tahun

Ilustrasi ikan hiu.
Sumber :
  • Pixabay/Owlstalk

VIVA.co.id – Sebuah rekor baru telah di ciptakan oleh hiu mako laki-laki yang melakukan perjalanan lebih dari 13.000 mil atau 20.921 kilometer (km) di bawah dua tahun. Hiu yang dinamakan Hell's Bay ini, menempuh jarak yang sama dengan setengah lebih dunia, menurut peneliti yang menandai dan melacak makhluk bersirip ini.

Niat Menyelam, Pria Ini Justru Dikepung dan Disosor Ikan Hiu di Tengah Lautan

"Kami sudah menandai beberapa mako yang memiliki perjalanan menarik beberapa tahun ini, tapi hiu ini melampaui lainnya," kata Mahmood Shivji, seorang profesor di Nova Southeastern University Florida dan Direktur dari sekolah Guy Harvey Research Institute(GHRI), dalam sebuah pernyataan. 

Mempunyai laporan data tentang perjalanan hiu mako ini sangat fantastis, karena tim peneliti dapat melihat perilaku dalam beberapa waktu. "Ia seperti kelinci Energizer, yang tetap terus dan terus dan terus, dan untungnya tidak bisa ditangkap seperti hiu kami yang lain," katanya.

Geger Penemuan Spesies Baru Ikan Hiu, Memiliki Gigi Menyerupai Manusia

Hell's Bay pertama kali ditandai pada Mei 2015 di pantai Ocean City. Dalam paruh perjalanannya, ia melakukan perjalanan ke utara di sepanjang pesisir timur, dan kemudian kembali mendekati ke dekat lokasi ketika ditandai.

Menurut data GHRI, Hell's Bay menghabiskan waktu tahun 2016 di wilayah Maryland dengan perjalanan sesekali ke Atlantik, menjelajahi utara Nova Scotia dan di pantai Bermuda sebelum kembali menuju Ocean City. Pada tahun ini, hiu mako ini terus melakukan pola yang sama, tapi lebih dekat dengan pinggir pantai. 

Ilmuwan Teliti Ikan Hiu yang Konsumsi Kokain, Hasilnya Mengejutkan

Dilansir laman Fox News, Hell's Bay, yang dinamai dari perusahaan perahu di Florida yang mensponsori penelitian ini, dilaporkan bahwa 22 persen dari hiu mako yang telah ditandai satelit, tertangkap atau terbunuh.

Shivji juga menunjukkan bahwa hiu dibunuh dalam jumlah yang sangat tinggi di seluruh dunia. Beberapa memperkirakan bahwa antara 70-100 juta hiu dibunuh setiap tahun. Banyak spesies hiu, termasuk mako, memiliki tingkat reproduksi yang rendah. 

Ilustrasi hiu putih.

Viral Penampakan Bagian Dalam Tubuh Ikan Hiu Usai Menelan Kamera

Meski hanya bertahan beberapa saat di dalam tubuh hiu kamera itu akhirnya dibuang begitu saja dari mulut predator ganas. Hiu itu pun menyadari kamera bukanlah santapannya

img_title
VIVA.co.id
12 September 2023