Ilmuwan Teliti Ikan Hiu yang Konsumsi Kokain, Hasilnya Mengejutkan

Ilustrasi Hiu dan kokain.
  • ODT

VIVA Tekno – Seekor hiu diyakini telah mengonsumsi kokain yang dibuang di perairan Florida, Amerika Serikat (AS) dan itu bisa membuat mereka bertindak "gila", kata para ilmuwan.

Terungkap! Penemuan Rumah Leluhur Umat Manusia Menggemparkan Dunia

Para peneliti yang menyelidiki apakah obat-obatan terlarang yang dibuang ke laut itu berdampak pada kehidupan laut di kawasan itu untuk sebuah film dokumenter. Ilmuwan pun menemukan beberapa hiu tampak bertingkah aneh dan yang lain menanggapi stimulan serupa.

Penyelundup telah meninggalkan berton-ton kokain yang tak terhitung jumlahnya di laut sekitar Florida, diangkut dari Amerika Selatan dan Tengah, baik untuk dikumpulkan oleh rekan mereka atau untuk menghindari penangkapan. Obat-obatan tersebut kemudian sering hilang terbawa arus laut.

Berapa Usia Seseorang Dianggap Tua?

hiu

• Freepik

Baru bulan lalu, Penjaga Pantai AS menyita lebih dari 14.100 pound atau 6.400 kg kokain di Laut Karibia dan Samudra Atlantik, dengan perkiraan nilai $186 juta (£142 juta atau Rp2 miliar).

Ahli biologi kelautan, Tom 'The Blowfish' Hird, dan ilmuwan lingkungan University of Florida, Dr Tracy Fanara, mempelajari hiu dari Florida Keys untuk melihat apakah obat-obatan terlarang itu berdampak pada hiu.

"Ini adalah tajuk yang menarik untuk menjelaskan masalah nyata, bahwa semua yang kita gunakan, semua yang kita produksi, semua yang kita masukkan ke dalam tubuh kita, berakhir di aliran air limbah dan badan air alami kita, dan kehidupan akuatik yang kita andalkan untuk bertahan hidup ini adalah kemudian terkena itu," kata insinyur lingkungan Tracy Fanara, melansir New York Post.

"Kami telah melihat penelitian dengan obat-obatan, kokain, metamfetamin, ketamin, semua ini, di mana ikan (dipengaruhi) oleh obat-obatan. Jika bal kokain ini adalah sumber polusi, sangat masuk akal (hiu) dapat dipengaruhi oleh bahan kimia ini,” lanjutnya.

"Kokain sangat larut sehingga salah satu dari paket itu terbuka sedikit, integritas strukturalnya hancur dan obatnya bisa berada di dalam air."

Selama satu penyelaman untuk mengamati perilaku seekor martil besar, spesies yang biasanya menghindari manusia, langsung mendatangi tim dan tampak berenang dengan agresif secara miring.

Para peneliti juga mencatat hiu gundukan pasir yang tampak terpaku pada sesuatu dan berenang dalam lingkaran yang sempit, meskipun tidak ada yang menggangu hiu tersebut.

Selain memantau hiu, para ilmuwan juga meletakkan paket yang ukuran dan penampilannya mirip dengan bal kokain asli di air di sebelah boneka angsa sebagai bagian dari penelitian mereka.

Yang mengejutkan mereka, hiu langsung menuju bal paket kokain palsu dan bukannya angsa, dan langsung menggigit bal paket itu.

Seekor hiu bahkan mengambil bal dan berenang membawa bal itu menjauh. Selanjutnya, para peneliti membuat bola umpan dari bubuk ikan yang sangat pekat.

Ini dirancang untuk memicu serbuan dopamin sedekat mungkin dengan serangan kokain seperti yang dapat dilakukan tim secara layak (dan secara etis) dalam sebuah percobaan. Saat hiu memakan bubuknya, para peneliti melihat mereka menjadi sangat agresif dan liar.

"Saya pikir kita memiliki skenario potensial tentang bagaimana jadinya jika Anda memberikan kokain kepada hiu," kata Hird dalam film Cocaine Sharks, yang dibuat untuk Shark Week di Discovery Channel.

"Kami memberi mereka apa yang saya pikir adalah hal terbaik berikutnya. (Kokain itu) membuat otak para hiu jadi terbakar. Itu 9membuat mereka) menjadi gila,” lanjutnya.

Akhirnya, tim menjatuhkan bal kokain palsu mereka dari pesawat terbang untuk mensimulasikan penurunan narkoba di kehidupan nyata, dan beberapa spesies hiu, termasuk hiu macan, bergerak.

Ahli biologi tersebut mengakui banyak faktor berbeda yang dapat bertanggung jawab atas perilaku aneh tersebut dan hasilnya tidak selalu menunjukkan bahwa hiu di Florida mengonsumsi kokain.

Polisi Selandia Baru mengamankan temuan kokain mengambang di Samudera Pasifik

• NZ Police via AP

Hird berkata: "Kami tidak tahu apa yang (kokain) bisa lakukan pada hiu, namun tentu berbahaya." Dia menambahkan bahwa penelitian menunjukkan ikan yang berbeda tampaknya bereaksi dengan cara yang berbeda terhadap bahan kimia yang sama, lapor Live Science.

Namun dia mengatakan dia berharap program TV, yang akan tayang akhir bulan ini, akan mengarah pada penelitian lebih lanjut di daerah tersebut, dan terutama tentang bagaimana obat-obatan dari semua jenis mempengaruhi hewan.