- VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVAnews - Daihatsu berhasil mempertahankan posisi kedua penjualan mobil di Indonesia. Melewati bulan ke-11 tahun ini, Daihatsu berhasil mencatatkan rekor baru penjualan periode Januari-November 2012 sebanyak 150.183 unit.
Ini melampaui target penjualan 2012 sebanyak 150.000 unit. Dengan ini pula, Daihatsu memperoleh pangsa pasar 14,6 persen. Adapun penjualan Daihatsu November lalu mencapai 14.637 unit.
Sepanjang 2012, All New Daihatsu Xenia masih menjadi ujung tombak penjualan Astra Daihatsu Motor (ADM). Sama dengan Toyota Astra Motor, yang mengandalkan Avanza. Pada November tahun ini, Daihatsu All New Xenia terjual sebanyak 6.452 unit, sedangkan Avanza 17.860 unit.
Kontribusi terbesar lainnya berasal dari kelas low commercial Gran Max sebanyak 5.113 unit atau 34,9 persen. Selanjutnya, kelas medium SUV, Terios berkontribusi sebesar 2.003 unit atau 13,7 persen.
Disusul Luxio dengan kontribusi sebanyak 649 unit atau 4,4 persen. Small city car, All New Sirion berhasil terjual 420 unit atau 3 persen.
Sementara itu, retailsales November 2012 mencapai angka 14.248 unit, sehingga untuk periode Januari–November 2012 retailsales mencapai 148.479 unit, atau meningkat 18 persen dibanding periode sama 2011 sebanyak 125.853 unit. (art)