Tugas Mobil Pedesaan Kemenperin Singkirkan Mobil Grandong

Salah satu bentuk mobil pedesaan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Shintaloka Pradita Sicca

VIVA.co.id – Kementerian Perindustrian menargetkan mobil pedesaan akan segera diproduksi pada Agustus mendatang dan dapat segera disebarkan ke 34 provinsi di Indonesia. Kemenperin berharap mobil ini akan menjadi kendaraan angkut di wilayah pedesaan.

Di Indonesia Cuma Segini Orang yang Mampu Beli Mobil Pribadi
Menurut Direktur Jenderal industri Kecil dan Menengah (IKM), Gati Wibawaningsih, segmentasi pangsa pasar dari mobil pedesaan ini memang terbatas untuk masyarakat di pedesaan.Rencananya, untuk uji coba sebanyak 34 mobil pedesaan akan disebarkan ke 34 provinsi secara gratis.

Mobil ini sendiri memang didesain untuk jalan pedesaan yang saat ini masih banyak tak beraspal. Dan jika mobil ini sudah beroperasi sepenuhnya, sudah melalui tahap uji coba kelayakan publik maka diharapkan mobil pedesaan ini akan menggusur kendaraan grandong beroperasi.

RI Lepas Ekspor Minuman Beralkohol Perdana Diageo ke Thailand

"Kalau soal mobil desa ini, kita harus maksimum aman. Kalau grandong kan berbahaya. Itu ingin kita hilangkan," kata Gati Wibawaningsih.

Kendaraan grandong atau ada yang menyebutnya dedet adalah sebuah kendaraan bermotor rakitan yang digerakkan mesin disel sebagai alat angkutan. Kendaraan ini tentu masih sering ditemui di daerah pedesaan atau pedalaman.

Menperin Minta Pabrikan Mobil Kurangi Profit
Ekspor Mobil Indonesia Meningkat

Dulu Beli Holden, Kini Mobil Buatan RI Siap Dijual ke Australia

Mobil buatan Indonesia akan dijual ke Australia dalam waktu dekat dengan memanfaatkan kerjasama ekonomi antar negara, dan keputusan dari principal brand.

img_title
VIVA.co.id
5 Februari 2022