Empat Benda yang Wajib Dibawa Pengguna Vespa Lawas

Vespa klasik.
Sumber :
  • http://www.fotografer.net

VIVA.co.id – Vespa merupakan salah satu motor klasik yang terkenal di Indonesia. Meski pabrikan asal Ialia itu telah menghadirkan beberapa model baru, namun tidak sedikit orang yang masih setia mengendarai Vespa model lawas.

Vespa World Days 2024 Pecahkan Rekor di Pontedera

Namun, umurnya yang sudah puluhan tahun membuat Vespa klasik tentu sudah tak lagi segar. Alhasil, motor ini kerap mogok saat dikendarai.

Bagi Anda yang memiliki Vespa klasik, tentunya sudah terbiasa dengan hal itu. Namun bagi pemula, banyak yang tidak mengetahui, benda apa saja yang perlu dibawa, untuk mengantisipasi terjadinya mogok.

Bea Cukai Langsa Aceh Sita Onderdil Harley Davidson

Mekanik bengkel Lolipop di Jakarta Timur, Tsabit Afif, memberikan informasi beberapa barang yang harus dibawa oleh pengguna Vespa lawas.

"Pertama, tentunya oli samping. Berbeda dengan motor dua tak pada umumnya, Vespa tidak ada indikator oli samping. Jika oli tidak dibawa, tentu merepotkan,"ujarnya kepada VIVA.co.id, Jumat 11 November 2016.

Kapten Timnas U-23 Rizky Ridho Ternyata Anak Vespa, Tunggangi Primavera

Kedua, kata Tsabit, yaitu kabel kopling. Komponen ini adalah salah satu bagian dari motor Vespa lama yang kerap rusak.

"Karena sering digunakan, maka baiknya membawa tali kopling cadangan," ujarnya.

Ketiga, lanjut Tsabit, yaitu busi. Sistem pembakaran bensin yang masih menggunakan oli samping membuat busi menjadi cepat kotor dan tersumbat.

"Terakhir, kabel gas. Hanya buat jaga-jaga saja. Kalau tiba-tiba putus di tengah jalan dan jauh dari bengkel, bisa diganti sendiri,” ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya