Sudah Beroperasi di Jakarta, Ini Tarif Bajaj Roda Empat

Bajaj Qute mulai beroperasi di Jakarta.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Pius Yosep Mali

VIVA.co.id – Pemerintah DKI Jakarta rupanya telah memberi lampu hijau terhadap Bajaj Qute. Sebagai bukti, uji coba telah dilakukan di ibu kota yang sedianya akan menggantikan kendaraan roda tiga bemo. Berdasarkan penelusuran VIVA.co.id, Bajaj Qute juga sudah terpantau beroperasi di Stasiun Kota, Jakarta Utara. Angkutan umum ini diparkir di lokasi yang biasa dipakai bemo menunggu penumpang.

Ada di Jakarta, Kendaraan Ini Justru Tak Diakui di Negaranya

Menurut Salam, salah seorang pengemudi Bajaj Qute, dia sudah tiga hari mencari nafkah dengan menggunakan Bajaj roda empat. "Baru tiga hari coba narik pakai ini. Rasanya enak, namanya baru, enggak berisik dan berasap kayak bemo lama," kata Salam saat berbincang dengan VIVA.co.id, Minggu 23 Juli 2017.

Sementara itu, Agus pengemudi Bajaj roda empat lainnya mengatakan, kendaraan ini berbeda dari Bajaj roda tiga berbahan bakar gas yang sudah banyak berseliweran di Jakarta.

Kemana Larinya Bemo Usai Terdepak dari Jakarta?

"Beda sama Bajaj roda tiga ini. Ini kan gantinya bemo, jadi dari Kota sampai King di Pademangan. Tarifnya Rp5.000 per orang. Lebih nyaman karena penumpang hanya bisa empat orang," kata pria yang sudah menjadi pengemudi bemo dari tahun 1980-an.

Artinya konsepnya mirip seperti bemo, di mana dalam satu Bajaj roda empat diperkenankan mengangkut beberapa orang meski tak saling mengenal. Berbeda dengan Bajaj roda tiga yang lebih privasi. Maka itu, biayanya tergolong lebih murah untuk trayek yang sudah ditentukan. 

Sehari Nyupir Bajaj Qute, Pas Nganter Penumpang Imut

Bajaj Qute mulai gantikan bemo di Jakarta.

Uji coba Bajaj roda empat sendiri sebenarnya telah dilakukan sejak 19 Juli 2017, dan akan dilakukan selama tiga bulan ke depan. Ada sebanyak 17 Bajaj roda empat yang diuji coba. Saat pelaksanaan uji coba ini, masyarakat sudah dapat menggunakan manfaat dari Bajaj.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi Pemprov DKI Jakarta, Andri Yansah, mengatakan dalam masa uji coba pihaknya akan terus berkonsultasi dengan Kementerian Perhubungan. Diharapkan Bajaj roda empat dapat menggantikan bemo yang sudah dihentikan trayeknya. Meksi begitu, Andri belum bisa menjelaskan kapan tepatnya terobosan baru itu akan mulai diberlakukan secara massal.

Bajaj Qute.

Sementara itu seperti dilansir Rushlane, Qute merupakan kendaraan mungil buatan India yang dibekali mesin berkapasitas 216cc dan bisa menampung empat orang. Bodinya memang dibuat mirip dengan mobil, sehingga penumpang dapat aman dan nyaman duduk di dalamnya.

Kecepatan Qute dibatasi hingga 70 kilometer per jam saja, demi mencegah terjadinya kecelakaan parah saat berada di jalan raya. Tersedia sabuk pengaman untuk pengemudi dan penumpang.

Uji tabrak Bajaj Qute.

Untuk konsumsi bahan bakar, Qute mampu melaju sejauh 36 kilometer hanya dengan satu liter bensin. Bajaj juga menyediakan paket konversi bahan bakar ke BBG, sesuai permintaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya