Tips Bikin Mobil Bebas Karat Saat Musim Hujan

Mengemudi mobil di tengah hujan. Foto ilustrasi.
Sumber :
  • Carthrottle

VIVA.co.id – Saat musim hujan, bukan hanya manusia yang butuh perhatian khusus agar kondisi badan tetap prima dan tak mudah sakit. Kendaraan bermotor, termasuk mobil, juga butuh dirawat untuk menghindari kerusakan.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Sebab, air hujan yang mengandung garam bisa menimbulkan masalah pada mobil, khususnya terkait korosi atau karat. Oleh karena itu, agar mobil tetap nyaman untuk digunakan dan tampil menarik, Anda perlu merawat mobil secara berkala.

Manager Technical Service PT Toyota Astra Motor (TAM), Dadi Hendriadi, memberikan beberapa tips merawat kendaraan bagi pemilik mobil, agar jauh dari korosi dan kerusakan saat musim hujan.  

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

"Komponen yang perlu diperhatikan yaitu seperti kondisi wiper, air washer, ban jangan sampai gundul," katanya kepada VIVA.co.id

Ketiganya, menurut Dadi, cukup vital peranannya saat musim hujan. Sebab, dapat membuat keamanan mobil terjaga. 

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

"Wiper saat hujan penting untuk menyapu air hujan di kaca. Tanpa air pembersih, kalau ada kotoran tentu bahaya terhadap pandangan pengemudi. Sedangkan, ban gundul kalau musim hujan bahaya karena licin," ujarnya. 

Selain itu, komponen seperti lampu, kampas rem, klakson, dan aki juga sangat penting untuk mendapat perawatan, agar terhindar dari korosi. Keempatnya juga memegang peranan penting pada keselamatan dalam berkendara di musim hujan.

"Selain pengecekan, pemilihan cahaya lampu juga penting," katanya. 

Yang terpenting, sambung dia, yaitu jika sudah terkena air hujan, usahakan mobil langsung dibasahi dengan air. Tujuannya untuk menghindari karat. 

"Sebetulnya, tidak ada perlakuan khusus. Kecuali kalau air genangan, dikhawatirkan ada air laut. Segera disemprot dengan air bertekanan, agar tidak terjadi karat," tuturnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya