Jalur Sirkuit Catalunya Diubah, Marquez Merasa Tertantang

Pembalap Tim Repsol Honda, Marc Marquez
Sumber :
  • Twitter/@marcmarquez93

VIVA.co.id – Akhir pekan ini, atau Minggu, 11 Juni, MotoGP memasuki seri ke-7. Balapan akan diselenggarakan di Catalunya, Spanyol.

Kecelakaan Horor di MotoGP Catalunya 2023, Francesco Bagnaia Masih dalam Kondisi Sadar

Balapan nanti akan berbeda dengan balapan sebelumnya. Sebab, akan ada perubahan jalur atau layout.

Federasi Motor Internasional (FIM) baru saja resmi mengubah layout Sirkuit Catalunya untuk digunakan pada seri MotoGP 2017. Nantinya FIM akan menggunakan layout yang digunakan di ajang Formula One (F1). Selain itu pada tikungan 13 akan dibuat chicane (belokan seperti huruf S) yang berfungsi mengurangi laju pembalap ketika melewati tikungan

Sebelum Lakukan Hal Konyol Aleix Espargaro Pernah Usul Sensor di Helm

Pada 2016, tikungan 12 Sirkuit Catalunya memakan korban. Pembalap Moto2 asal Spanyol, Luis Salom, harus meregang nyawa ketika menjalani sesi latihan bebas dua di Sirkuit Catalunya.

Perubahan ini menuai banyak reaksi beragam dari para pembalap. Pembalap Ducati, Jorge Lorenzo menjadi pembalap yang menyatakan tidak setuju, tapi Marc Marquez, merasa perubahan ini adalah tantangan baru.

Francesco Bagnaia Tidak Terima Ditabrak di MotoGP Catalunya 2022

"Beberapa test yang kami lakukan beberapa hari lalu, kami merasa cukup baik. Kami mampu menyelesaikan banyak lap. Meningkatkan kinerja motor dan kami mulai membangun kerja sama tim," kata Marquez, dikutip Crash.

"Perubahan trek? Saya rasa ini menarik dan merasa tertantang. Kecepatan di setiap tikungan rata-rata sama, namun di tikungan trek baru memang sedikit berbeda. Tapi jujur, saya suka layout yang baru ini," ujarnya.

Dalam karier balap, Marquez telah memenangkan dua balapan di sini, pertama di kelas 125cc pada tahun 2010 dan satu lagi dari kelas MotoGp di tahun 2014.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya