Ini 61 Lokasi Pertandingan PON 2016 Jawa Barat

Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Andika Wahyu

VIVA.co.id – Pekan Olahraga Nasional XIX/2016 akan mulai digelar pada 17 September mendatang. Di lokasi mana saja kita bisa menyaksikan kompetisi multi event terbesar di Indonesia tersebut?

Golkar Tepis Isu Istri Ridwan Kamil Mundur dari Bursa Pilkada Kota Bandung

PON 2016 dijadwalkan menggelar 44 cabang olahraga dengan total nomor pertandingan, 365 pertandingan putra, 302 pertandingan putri, 33 pertandingan campuran dan 50 pertandingan terbuka di 61 Venue yang tersebar di 16 Kabupaten/Kota di Jawa Barat.

Sebagian besar akan dilaksanakan di Kabupaten/Kota yang berada di Kawasan Bandung Raya, yaitu Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi, dan Kabupaten Sumedang.

Tuding Pj Gubernur Jawa Barat Tidak Netral saat Pemilu 2024, Hakim MK: Tak Ada Saksinya

Upacara pembukaan PON 2016 nanti sendiri rencananya digelar di stadion baru milik Jawa Barat yaitu Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). Sebanyak 8403 atlet akan meramaikan pembukaan tersebut.

Terdapat empat venue yang tersebar di Kota Bandung. Sport Jabar Arcamanik rencananya menggelar tiga cabang (bisbol, voli pantai, senam), Lapangan Universitas Pendidikan Indonesia (taekwondo, hoki indoor, sofbol putri, sepaktakraw, dan renang).

Warga Dikejutkan Penemuan Mayat Bayi Laki-laki di Kali Cikeas

Kompleks Olahraga Siliwangi yang tepat berada di tengah kota akan menggelar cabang olahraga biliar, squash, bowling, kriket, dan tenis. Lalu Kompleks Olahraga Saparua akan menggelar judo, gulat, dan sepatu roda.

Cabang olahraga seperti karate, kempo (Sasana Budaya Ganesha ITB), basket (GOR C-Tra Arena), catur (Hotel Savoy Homan), bridge (Hotel Horison), anggar, dance sport (Hotel Haris), wushu, dan tarung derajat (GOR Padjadjaran) juga akan dimainkan di kota Bandung.

Kabupaten Bandung mempercayakan Sarana Olahraga Si Jalak Harupat untuk beberapa cabang olahraga seperti sepakbola, angkat besi, voli indoor, sepatu roda, polo air, sofbol putra, hoki lapangan, dan panahan di berbagai fasilitas di kawasan tersebut.

Selain itu, Pangkalan Udara Sulaiman akan dipercaya menggelar cabang olahraga aeromodeling dan menembak. Lalu Gedung Budaya Sabilulungan dipercaya menggelar ajang binaraga.

Kabupaten Bandung Barat akan menggelar lima cabang olahraga yaitu gantole (Bukit pasir panjang), equestrian (Pusat Kesenjataan Kavaleri, Parongpong, Lembang), panjat tebing, balap sepeda gunung (Cikole, Lembang), Ski Air (Waduk Saguling), dan balap sepeda jalanan (Jalan Raya KBB-PWK-Subang-KBB).

Sementara Kabupaten Sumedang dipercaya untuk menggelar cabang gantole, paralayang (Bukit Batudua Gunung Lingga), pencak silat (Graha Laga Satria Kampus ITB Jatinangor), futsal (Lapangan Futsal ITB Jatinangor), tenis meja (GOR 3 ITB Jatinangor), golf (Bandung Giri Gahana Golf).

Lalu beberapa cabang lain terbagi di Kota Cimahi yang akan menggelar menembak (Lapang Tembak Cisangan), balap sepeda trek (Velodrome Munaip Saleh), Kabupaten Bogor yang menggelar atletik, drum band, sepakbola di Stadion Pakansari, Kabupaten Subang menggelar terbang layang, sementara cabang dayung digelar di Situ Cipule, Kabupaten Karawang.

Kabupaten Indramayu difokuskan pada cabang olahraga laut yaitu renang perairan terbuka, selam (Pantai Tirtamaya), layar (Pantai Balongan Indah). Sementara Kabupaten Pangandaran menggelar terjun payung (Bandar Udara Nusawiru), Berkuda (Trek Pacuan Kuda Pangandaran).

Lalu beberapa cabang olahraga tersebar di Kabupaten Sukabumi (tinju/GSG Tinju Pelabuhan Ratu), Kota Cirebon (bulutangkis/GOR Bima, selam kolam/Kolam Renang Catherine Surya), Kabupaten Bekasi (sepakbola/Stadion Wibawa Mukti), Kota Bekasi (sepakbola/ Stadion Patriot), Kabupaten Ciamis (BMX/Sirkuit Taman Hutan Kota Cigembor), dan Kota Tasikmalaya (balap motor/Sirkuit Bukit Pesar).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya