Warisan Radja Nasution di Dunia Renang Indonesia

Almarhum pelatih renang nasional, Radja Nasution
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Legenda renang Indonesia, Radja Nasution, baru saja tutup usia. Radja wafat di usia 66 tahun karena penyakit diabetes yang dideritanya.

Millennium Aquatic Jakarta Juara 8 Kali Kejurnas IOAC 2023

Tentunya, ini menjadi kehilangan besar bagi dunia renang Indonesia. Perintis dinasti Nasution di renang nasional telah wafat.

Hanya saja, ada beberapa warisan Radja yang bisa dimanfaatkan oleh para perenang nasional saat ini. Loyalitas, semangat juang, dan kedisiplinan Radja, menjadi hal yang bisa ditiru para perenang nasional.

Indonesia Lolos Final Renang Estafet Campuran Asian Games 2023

"Dedikasi beliau sangat tinggi di dunia renang. Tanpa pamrih, dia mencurahkan seluruh perhatian, tenaga, bahkan materi untuk memajukan dunia renang Indonesia," kata Sekretaris Jenderal PB PRSI, Ali A Patiwiri, baru-baru ini.

"Satu hal yang sangat diingat dari beliau adalah kedisiplinannya. Dia tak suka melihat anak-anak didiknya terlambat. Kami sangat kehilangan beliau yang sudah menorehkan prestasi nasional, bahkan Asia," lanjutnya.

Jatim Borong 2 Emas Renang Perairan Terbuka BK PON 2024

Ali pun berharap atlet-atlet renang di masa sekarang bisa meniru apa yang dilakukan oleh Radja. Namun, dengan situasi sekarang, Ali sadar tak mudah menerapkan warisan Radja di pentas renang Indonesia.

Sebab, atlet-atlet saat ini tak bisa digembleng dengan keras. "Sebenarnya, atlet renang sekarang harus bisa seperti itu. Tetapi, atlet sekarang tak bisa mendapat metode yang keras. Jadi, disiplin dan daya juangnya kurang, dan itu berpengaruh pada mentalnya yang bukan mental baja," ujar Dewan Pakar PRSI, Richard Sambera. (one)

Ketua Umum Federasi Akuatik Indonesia, Anindya Bakrie

Akuatik Indonesia Resmi Ganti Nama Jadi Federasi Akuatik Indonesia

Akuatik Indonesia resmi berganti nama menjadi Federasi Akuatik Indonesia. Perubahan ini disahkan dalam Musyawarah Khusus atau Munasus 2024.

img_title
VIVA.co.id
10 Maret 2024