Sriwijaya Air 'Bersih-bersih' Orang Garuda di Manajemen

Pesawat Sriwijaya Air
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA – Jefferson Irwin Jauwena resmi menjabat sebagai Direktur Utama PT Sriwijaya Air. Dia resmi menggantikan Joseph Adrian Saul, orang dari Garuda Indonesia Group yang sebelumnya menjadi pucuk pimpinan definitif.

Hal itu ditetapkan berdasarkan surat keputusan nomor 008/SK-PS/XI/2019 tentang Pengangkatan Jefferson Irwin Jauwena sebagai Direktur Utama PT Sriwijaya Air yang ditandatangani oleh Hendrie Lie atas nama pemegang saham pada 7 November 2019.

"Surat keputusan ini berlaku sejak ditandatanganinya keputusan ini," Hendrie Lie dalam surat yang beredar hari ini, Jumat 8 November 2019.

Selain Jefferson, ada tiga nama baru yang ditunjuk pemegang saham mengisi jajaran direksi Sriwijaya Air. Dia adalah Iswantoro sebagai Direktur Teknik. Lalu, Didi Iswandy yang diangkat menjadi Direktur Operasional Sriwijaya Air dan Cecep Cahyana ditunjuk sebagai Direktur Quality, Safety & Security PT Sriwijaya Air.

Sementara itu, Sriwijaya Air juga telah melakukan 'bersih-bersih' karyawan perbantuan yang berasal dari PT Garuda Indonesia Tbk. Hal ini dilakukan seiring berakhirnya kerja sama antara kedua maskapai itu pada 31 Oktober 2019.

Itu tertuang dalam surat bernomor 08/EXT/DH/SJ/XI/2019 perihal pengembalian seluruh karyawan Garuda Group yang ditempatkan dan atau perbantuan di PT Sriwijaya Air Group.

"Sehubungan telah berakhirnya masa transisi terkait kerja sama antara Garuda Indonesia Group dengan pemegang saham dan Dewan Komisaris PT Sriwijaya Air, maka dengan ini manajemen PT Sriwijaya Air (Grup) memutuskan untuk mengembalikan seluruh karyawan perbantuan vice president dan Senior Management yang berasal dari Garuda Group terhitung sejak tanggal 7 November 2019," begitu bunyi kutipan surat yang ditandatangani Direktur Legal dan SDM Anthony Raimond Tampubolon. 

Berikut 11 nama karyawan Garuda yang dikembalikan setingkat VP dan SM:

1. Raisal Akbar sebagai VP Revenue Management, 
2. Lilik Yulianto Nugroho sebagai VP Network, 
3. Sukarya Sastrodinoyo sebagai VP Engineering, Quality & Technical Service,
4. Ferdian sebagai VP Distribution Channel, Digital Business & Cargo,
5. Agus Dewanta SM Cargo, 
6. Dodhi Jatnika Adhi VP Service Planning and Delivery,
7. Setyo Adi Raharjo VP Information Technology, 
8. Amala Vesta Widaranti sebagai VP Marketing & Loyalty, 
9.Tres Budiantoro sebagai PMO Centralized Flight Dispatch, 
10. Dewi Handayani SM Cabin Service, Standard & Development 
11. Elisabeth Enny K sebagai Advisor di Direktorat Keuangan.