Rapat Akbar Golkar untuk Sokong Jusuf Kalla

Sumber :

VIVAnews – Rapat akbar petinggi Partai Golongan Karya yang bakal digelar di Sulawesi Selatan, dinilai merupakan usaha menguatkan keinginan petinggi daerah guna memenangkan Jusuf Kalla di bursa calon presiden.

“Mungkin itu bentuk keinginan untuk pembobotan semangat juang bagi kader partai,” kata Surya Paloh, Ketua Dewan Penasihat Partai Golkar, kepada VIVAnews, Selasa 24 Februari 2009.

Forum rapat petinggi partai itu akan dilaksanakan di Makassar. Forum itu digagas Dewan Pimpinan Daerah Partai Golkar Sulawesi Selatan, menyusul kesiapan Kalla maju menjadi calon presiden. Salah satu agendanya, merapatkan barisan kader beringin untuk menggolkan Kalla sebagai satu-satunya calon presiden partai beringin. Semua petinggi daerah direncanakan hadir di sana.

Surya menilai pertemuan itu kemungkinan dapat menimbulkan pengaruh terhadap mekanisme penjaringan calon presiden yang sedang dilaksanakan Partai Golkar. Namun dia tidak menjelaskan seperti apa dampaknya. “Tentu ada pengaruhnya bila ada perubahan, tentunya yang positif,” kata dia.

Lebih lanjut, Surya menilai pertemuan 1 Maret sah-sah saja digelar petinggi daerah. Sebab, menurut dia, sebagai fungsionaris partai mereka memiliki hak prerogatif melaksanakan pertemuan semacam itu. Karena itu, Surya mengatakan tidak melihat ada pelanggaran mekanisme di sana.

Pertemuan petinggi daerah semacam itu juga dinilai hanya sebagai bagian dari dinamika politik menjelang pemilihan legislatif dan pemilihan presiden.

Lagi pula, kata dia, adanya rapat akbar atau forum lainnya seperti rapat konsultasi, rapat koordinasi, justru menunjukkan sinyal positif bagi perkembangan partai. Karena, kata Surya, berarti kader dan pendukung partai tidak skeptis terhadap partai.