Putri Diana akan 'Hadir' di Pernikahan Pangeran Harry

Dua berlian pada cincin pertunangan Meghan Markle berasal dari perhiasan Lady Diana. - AFP / Getty Images
Sumber :
  • bbc

Meskipun Lady Diana telah meninggal sejak tahun 1997 karena kecelakaan lalu lintas di Paris, ibu Pangeran Harry tetap akan `hadir` di pernikahan anak keduanya pada tanggal 19 Mei di Kastil Windsor.

Dua berlian pada cincin pertunangan Meghan Markle berasal dari perhiasan istri pertama putra mahkota Inggris, Pangeran Charles. Hal ini memang disengaja Harry agar ibunya tetap hadir dalam kehidupannya.

"(Saya ingin) memastikan dia bersama-sama kami dalam perjalanan seru bersama ini," kata Harry.

Cincin yang dirancang sendiri oleh pewaris keenam tahta Inggris dibuat produsen perhiasan kerajaan Cleave & Co.

Batu yang di tengah adalah berlian dari Botswana, Afrika, tempat pasangan ini menghabiskan waktu bersama-sama tidak lama setelah bertemu pertama kali.

Mawar putih

Salah satu bunga yang akan hadir di pernikahan Harry dengan bintang televisi Amerika ini adalah mawar putih yang akan menjadi bagian dari karangan bunga di dalam Kapel St George, Kastil Windsor.

Rangkaian mawar putih yang merupakan salah satu bunga kesayangan Putri Diana ini juga muncul pada peringatan ke 20 tahun meninggalnya Diana.

Perancang karangan bunga untuk pernikahan di gereja, Philippa Craddock, mengatakan, "Saya sangat gembira dan dihormati karena dipilih Pangeran Harry dan Meghan Markle untuk mendisain bunga pernikahan."

Philippa akan mencampur mawar putih dengan ranting dan , disamping bunga favorit Meghan, .

Sambutan keluarga

Seluruh saudara Diana akan diundang pada pernikahan Harry-Meghan, mulai dari paman Harry, Earl Spencer, kedua tantenya Lady Sarah McCorquodale dan Lady Jane Fellowes, di samping seluruh sepupu dari keluarga ibunya.

Kakak perempuan Diana, Lady Jane, akan memberikan penghormatan dengan menyampaikan sambutan saat pernikahan di Kastil Windsor, kata bagian media Harry-Meghan.

Lady Jane dan Lady Sarah terbang ke Paris bersama-sama dengan Pangeran Charles untuk membawa jenazah Diana ke Inggris setelah kecelakaan di terowongan jalan Pont de l`Alma lebih 20 tahun lalu.

Pada pemakaman Diana pada tahun 1997, Earl Spencer memberikan sambutan emosional, yang sempat dipandang mengecam pihak-pihak yang membuat kehidupan saudara perempuannya itu tidak nyaman.

Pegiat kemanusian

Meghan Markle dipandang sejumlah pihak memiliki kemiripan dengan Lady Diana karena kesamaan perhatian mereka terhadap masalah kemanusiaan.

Aktris beribu kulit hitam ini juga merupakan pegiat persamaan hak wanita PBB untuk Keikutsertaan Politik dan Kepemimpinan.

Dia sempat berpidato di depan Sekretaris Jenderal PBB, Ban Ki Moon, pada tahun 2015, dan lewat blog-nya menulis, "Saya bukan perempuan yang (hanya santai) makan siang - saya selalu ingin menjadi perempuan pekerja."

Sementara selama hidupnya, Diana juga dikenal sebagai pegiat HIV/AIDS di samping menjadi tokoh masyarakat yang memimpin kampanye anti-ranjau darat.

Dia dikenal bekerja untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang risiko HIV/AIDS yang pada saat itu masih sangat ditakuti. Lewat kehadirannya pada berbagai acara dengan penderita, Diana menunjukkan adalah aman untuk bersalaman karena tidak akan membuat orang terinfeksi virus.