Miris, Masih Ada Maling Kotak Amal Masjid di Bekasi

Suasana Masjid di lokasi kejadian
Sumber :
  • VIVAnews/Dani (Bekasi)

VIVA – Kotak amal milik Masjid Azhari Alia yang terletak di kawasan Harapan Jaya, Bekasi Utara, Kota Bekasi digasak pencuri Kamis 23 Januari 2020. Dalam melancarkan aksinya, pelaku memilih salat dulu agar tidak dicurigai.

Salah seorang pengurus masjid, Suryadi Amir mengatakan, peristiwa ini terjadi saat kondisi masjid sepi. Pelaku masuk ke dalam masjid usai dari ruang wudhu. “Pelaku itu terlihat dari rekaman CCTV yang terpasang di halaman masjid,” katanya, Kamis 23 Januari 2020.

Dari rekaman CCTV, kata Amir, pemuda yang berbadan kurus itu seperti ragu-ragu. Kotak amal yang berada di ujung masjid itu akhirnya perlahan-lahan dihampiri.

“Karena kelihatan ragu-ragu pelaku melaksanakan salat dengan posisi (dekat) tirai masjid. Kebetulan aksi ini terekam karena kaca masjid bening,” katanya.

Apalagi, kata Amir, di depan masjid banyak lalu lalang kendaraan. Sehingga, pelaku khawatir aksinya bisa ketahuan orang lain. Namun, setelah kondisi masjid sepi, baru aksinya dilakukan.

Di situ, kata Amir, pelaku langsung merusak engsel kotak amal itu. Dan mengambil isinya yang nantinya uang itu sebetulnya akan disumbangkan ke panti yatim piatu. “Kotak amal itu sudah lama tidak dibuka,” jelasnya.

Setelah berhasil mengambil uang dari kotak amal, Amir mengatakan, pelaku membawa uang itu menggunakan plastik yang ditaruh di bawah baju. Kemudian dia berjalan kaki meninggalkan halaman masjid. Hingga kini aksi pencurian itu belum dilaporkan ke pihak Kepolisian.