Tiba di Rumah Habibie, Xanana Sempat Bertemu Akbar Tanjung

Eks Presiden Timor Leste, Xanana Gusmao
Sumber :
  • VIVAnews/Yudha Prasetya

VIVA – Mantan presiden Timor Leste, Xanana Gusmao, tiba di rumah duka Presiden RI ke-3 Bacharudin Jusuf Habibie, di kawasan Patra, Kuningan, Jakarta Selatan. Xanana tiba sekitar pukul 20.30 WIB atau tak lama usai acara tahlilan dan doa bersama di rumah Habibie.

Xanana yang hadir dengan kemeja putih berbalut jas hitam itu, tak banyak berkomentar meskipun para awak media memberondongnya dengan beragam pertanyaan.

Dia sempat bertemu dan berbincang sejenak dengan politikus senior Partai Golkar, Akbar Tanjung. Akbar sebelumnya sempat juga hadir di acara tahlilan dan doa bersama malam ini.

Keduanya sempat berbicara sejenak, sebelum akhirnya Xanana diterima pihak keluarga BJ Habibie, dan mulai masuk ke dalam rumah duka.

Kabar kedatangan Xanana Gusmao ke rumah duka BJ Habibie sebelumnya juga telah disampaikan oleh Sekretaris Pribadi BJ Habibie, Rubijanto.

Dia memastikan bahwa malam ini Xanana Gusmao akan mendarat di Jakarta. Begitu sampai, Zanana akan langsung menuju ke rumah duka dan bertemu dengan pihak keluarga dari almarhum Habibie. "Hari ini (Xanana) baru mendarat. Hari ini, baru akan mendarat," kata Rubijanto.

Habibie memang punya sejarah kedekatan dengan Xanana. Peran Habibie saat menjabat Presiden RI ke-3 yang mengizinkan referendum bagi masyarakat Timor Timur menjadi jalan Xanana menjabat presiden pertama di negara jajahan Portugal tersebut.