PDIP Umumkan 5 Bakal Calon Pilkada di Jatim, Surabaya Belum

DPP PDIP umumkan 5 calon di Pilkada Jatim 2020
Sumber :
  • VIVA/Nur Faishal

VIVA – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mengumumkan 75 pasangan bakal calon kepala daerah untuk seluruh Indonesia. Hal itu diumumkan secara virtual pada Selasa, 11 Agustus 2020. Lima di antaranya paslon untuk pilkada lima kabupaten/kota di Jawa Timur. Sementara itu belum ada paslon untuk Pilkada Surabaya yang diumumkan pada kesempatan yang sama.

Lima paslon pilkada untuk Jatim yang disampaikan Puan Maharani pada pengumuman gelombang ketiga itu ialah Setiajit-Armaya Mangkunegara untuk Kabupaten Tuban, Fandi Achmad Yani-Aminatun Habibah untuk Gresik, Ipuk Fiestiandani-Sugirah untuk Banyuwangi, Kartika Hidayati-Sa'im untuk Lamongan dan Sugiri Sancoko-Lisdyarita untuk Ponorogo. 

Lima paslon yang direkomendasi hadir di kantor DPD PDIP Jatim di Jalan Raya Kendangsari Surabaya. Melalui video conference, mereka menyaksikan secara langsung pengumuman rekomendasi, juga arahan dari Ketum PDIP Megawati Soekarnoputi. Pengumuman disampaikan secara virtual karena masih dalam situasi pandemi COVID-19.

Ketua PDIP Jatim Kusnadi mengatakan, dengan dikeluarkannya rekomendasi tersebut, seluruh paslon dan kader PDIP di tingkat cabang hingga ke bawah mengamankan dan memenangkan suara di pilkada serentak 2020. "Semua harus segera turun ke lapangan dan berkonsolidasi dengan harapan memenangkan kontestasi pilkada tahun ini," kata Kusnadi.

Menurut Kusnadi, figur yang direkomendasikan oleh DPP PDIP bukan sekadar untuk pencalonan semata. Namun, begitu direkomendasikan calon harus dimenangkan dan diantarkan menjadi kepala daerah. "Kalau sekadar pasang-pasangan calon, buat apa. Rekomendasi pasangan calon untuk menang," tandas Ketua DPRD Jatim itu.

Pada pilkada serentak 2020, terdapat 19 kabupaten/kota yang menggelar pilkada. Dengan pengumuman kali ini, PDIP sudah mengeluarkan rekomendasi pasangan calon untuk 14 kabupaten/kota. Tersisa paslon yang belum dikeluarkan rekomendasinya oleh PDIP yaitu Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, Situbondo, Jember dan Pacitan. (ase)

Baca juga: Istana Larang Pampang Gambar Jokowi, Baliho Wajah Habib Rizieq Muncul