Punya Pertahanan Rp3,6 Triliun, Manchester United Musim Ini Bisa Apa?

Bek anyar Manchester United, Harry Maguire
Sumber :
  • twitter.com/ManUtd

VIVA – Manchester United terus berbenah jelang bergulirnya Premier League 2019/2020. Setan Merah baru saja meresmikan rekrutan teranyarnya yakni Harry Maguire. 

Pemain berposisi sebagai bek tengah itu diboyong MU dari Leicerster City dengan harga 80 juta poundsterling (Rp1,4 triliun). 

Dalam keterangan resmi MU, pemain 26 tahun tersebut menandatangani kontrak enam tahun dengan opsi perpanjangan kontrak di tahun selanjutnya. 

Dengan bergabungnya Maguire, lini pertahanan MU untuk musim ini terbilang mewah. Total ada kucuran dana sebesar Rp3,6 triliun di dalamnya.

Sebelum mendatangkan Maguire, MU lebih dulu mendatangkan Aaron Wan-Bisakka yang berposisi sebagai bek sayap. Eks pemain Crystal Palace itu diboyong dengan mahar £50 juta (sekitar Rp897 miliar).

Dua pemain anyar ini melengkapi lini belakang MU bersama Victor Lindelof serta Luke Shaw. Lindelof dibeli MU dari Benfica seharga £35 juta (Rp608 miliar) pada 2017, sementara Shaw direkrut senilai £30 juta (Rp521 miliar) dari Southampton pada 2014.

Sementara itu, di posisi penjaga gawang ada David De Gea. Kiper Spanyol itu dibeli MU dari Atletico Madrid pada 2011 lalu dengan harga £19 juta (Rp330 miliar).

Harga pemain belakang MU hanya ini kalah dari rival sekotanya, Manchester City. Tim besutan Pep Guardiola itu punya barisan belakang seharga £241,5 juta atau seharga Rp4.1 triliun.

Lalu, Bisa apa MU musim ini?

Pada Premier League musim 2018/2019, MU mengalami penurunan performa. Saat ditangani Jose Mourinho, MU terseok-seok di papan tengah. Manajemen klub geram lalu memecat manajer asal Portugal itu dan menunjuk Ole Gunnar Solskjaer. 

Pada awal kepemimpinananya, Solskjaer berhasil menyulap MU menjadi tim yang sulit ditaklukkan. Dia sukses membuat MU tak terkalahkan dalam 12 laga dengan rincian 10 kemenangan dan dua kali seri. 

Namun, perlahan MU mengalami penurunan performa lagi. Di akhir musim, mereka hanya finis di peringkat keenam. Hasil itu membuat MU gagal mendapatkan tiket Liga Champions.

Melihat MU di Laga Pramusim

MU telah menjalani enam laga pramusim. Hasilnya, mereka sukses meraih lima kemenangan dan sekali kalah dari AC Milan. Itu pun melalui drama adu penalti dengan skor 4-5, setelah bermain imbang 2-2 selama 90 menit.

Kemenangan pertama MU di laga pramusim diraih saat mengalahkan klub asal Australia, Perth Glory, dengan skor 2-0 pada 13 Juli 2019. Dua gol tersebut dilesahkan oleh Marcus Rashdord dan James Games.

Kemenangan selanjutnya didapatkan MU setelah memukul klub kasta kedua Liga Inggris Leeds United 4-0. Mason Greenwood, Marcus Rashford, Phil Jones dan Anthony Martial bergantian mencatatkan namanya di papan skor. 

Selanjutnya, MU berhasil mengalahkan klub Norwegia 1-0 Kristiansund melalui gol Juan Mata. Dua kemenangan lainnya berhasil didapat MU setelah mengalahkan klub besar yakni Inter Milan dan Tottenham Hotspur. Paul Pogba cs berhasil menggebuk Inter 1-0 dan The Lilywhites dengan skor 2-1.

Menarik menunggu kiprah MU pada musim ini. MU bakal memulai langkahnya di Premier League dengan menghadapi Chelsea di pekan pertama. Laga tersebut bakal digelar di Old Trafford 11 Agustus 2019. (ren)