5 Fakta Menarik Meta yang Kini Jadi Nama Induk Perusahaan Facebook

Fakta menarik Meta
Sumber :
  • About Facebook

VIVA – Fakta menarik Meta tengah menjadi perbincangan, sebab CEO Facebook, Mark Zuckerberg secara resmi mengumumkan nama baru untuk induk perusahaannya tersebut yang memayungi Facebok, WhatsApp, Instagram, dan lain sebagainya. Perusahaan ini awalnya bernama Facebook Inc kini sudah berganti nama menjadi “Meta”. Perubahan ini diumumkan oleh sang CEO pada konferensi tahunan Connect yang digelar pada Kami, 28 Oktober 2021 waktu Amerika Serikat atau Jumat 29 Oktober 2021 dini hari waktu Indonesia. Menurutnya, perubahan tersebut dilaksanakan guna mencermintkan tujuan besar yang sedang dibangun oleh perusahaan.

Walaupun demikian, perubahan nama tersebut tidak berlaku dan tidak akan memengaruhi nama produk media sosial yang berada di bawah Meta. Misalnya Facebook akan tetap dipakai untuk jejaring media sosial besutannya, begitu juga dengan aplikasi yang lain seperti Instagram, WhatsApp, dan lain sebagainya. selain itu, Mark juga memastikan untuk struktur perusahaan tak akan ada perubahan dan tetap seperti sebelumnya. Nah, untuk lebih lengkapnya, berikut ulasan mengenai fakta menarik dari Meta yang disadur dari laman Forbes.

Lantas Apa Saja Fakta Menarik Meta?

Facebook Ganti Nama Kode Saham

Logo Meta.

Photo :
  • Financial Times

Fakta menarik Meta yang pertama adalah perubahan nama tersebut juga berimbas pada bursa saham. Nama saham yang awalnya berkode ‘FB’ akan diubah menjadi ‘MVRS’ pada tanggal 1 Desember mendatang.

Arti Nama Meta

Kepala Eksekutif Facebook Mark Zuckerberg.

Photo :
  • Deadline

Facebook mengubah nama induk perusahaan tersebut menjadi Meta. Metaverse terdiri atas dua kata yaitu meta yang mempunyai arti melampaui dan verse atau universe yang berarti alam semesta. Sehingga, metaverse merupakan alam semesta fiktif yang memungkinkan bukan hanya merujuk pada dunia virtual, namun juga internet secara keseluruhan, termasuk semua spektrum pengalaman interaktif.

Alasan Perubahan Nama

Kasus kebocoran data Facebook dan Cambridge Analytica.

Photo :
  • Mother Jones

CEO Facebook mengatakan bahwa keputusan perusahaan untuk mengubah namanya menjadi Meta ialah untuk mencerminkan perusahaan layaknya sebuah ‘metaverse’ yang menggambarkan Facebook sebagai perusahaan yang menaungi jaringan sosial media terbesar.

Mengubah Logo

Fakta menarik Meta

Photo :
  • About Facebook

Perubahan nama perusahaan tersebut juga mengiringi perubahan logo induk perusahaan yang baru untuk Meta, yaitu logo dengan bentuk mirip simbol infinity dengan ciri khas warna biru.

Media yang Pertama Kali Mengumumkan

Facebook

Photo :
  • Freepik

Media asing yang bernama The Verge melaporkan pada awal bulan Oktober bahwa ada kemungkinan rebranding nama untuk induk perusahaan Facebook. Media tersebut juga menjelaskan bahwa Mark sudah memegang nama pengguna Twitter @meta dengan nama domain untuk perusahaan tersebut meta.com yang kini dialihkan ke dalam laman ‘selamat datang di Facebook’.