Windows 7 Potong Kompas

Sumber :

VIVanews -- Setelah menyediakan Windows 7 versi beta (percobaan) secara bebas di situsnya, apa yang akan dilakukan Microsoft pada sistem operasi ketujuh-nya itu?

Ternyata, Microsoft ngebut untuk segera mengelarkan versi akhir dari sistem operasi pengganti Vista dengan melongkap beberapa tahapan pengembangan yang biasanya dilakukan pada sebuah sistem operasi baru.

Menurut blog resmi Microsoft tentang pengembangan Windows 7, setelah versi Beta ditutup dan mendapat berbagai tanggapan dari pengguna, Microsoft akan langsung tancap gas meningkatkannya ke versi Release Candidate (RC), Release to Manufacturing (RTM), hingga akhirnya ke General Availibility (GA).

Biasanya, tahapan yang dilakukan oleh Microsoft lebih panjang. Sebelumnya, Microsoft menerapkan beberapa tahapan pada pengembangan Windows Vista, yaitu Beta 1, Community Technology Previews, Beta 2, Pre-RC1, RC1, Pre-RC2, RC2, Pre-RTM, dan RTM.

"Tonggak berikutnya dari pengembangan Windows 7, adalah tahap Release Candidate atau "RC". Yang sudah-sudah, tahap Release Candidate menandakan bahwa kita sudah sangat dekat (dengan versi akhir),” ujar Steven, salah satu tim Windows 7 pada posting blog itu.

Tahap RC, adalah tahap di mana Microsoft menampilkan Windows yang sudah hampir sama seperti yang akan diluncurkan ke pasar.

Namun, Microsoft masih menunggu masukan-masukan dari pengguna tentang hal-hal kritikal yang mungkin dimiliki sistem operasi ini. Pada fase ini tampilan user interface masih mungkin berubah.

Adapun RTM adalah tahapan final Windows 7 yang disediakan Microsoft kepada para vendor pembuat PC maupun lisensi ritel dan volume tertentu.

Sedangkan GA adalah fase di mana seluruh konsumen bisa menjual WIndows 7 secara bebas, baik yang telah terinstal di komputer PC maupun dalam bentuk paket.

Versi beta akan dihentikan oleh Microsoft pada 10 Februari mendatang. Kemungkinan besar, Windows 7 bakal mulai dipasarkan akhir tahun ini.

Kendati belum ada harga pastinya, namun Microsoft menjamin Windows 7 tak akan lebih mahal dari Windows Vista.