Tips Perbaiki Ponsel Android yang Enggak Mau Ngecas

charger dan hp
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Saat ini ponsel menjadi barang yang sangat penting, dan pemilik pasti panik saat perangkat tersebut tidak mau diisi ulang ketika baterainya habis.

Khusus untuk ponsel Android, masalah ini memiliki beberapa jawaban yang berbeda. Mulai dari masalah stopkontak hingga ada kesalahan pada software ponsel.

Berikut 7 cara untuk memperbaiki ponsel Android jika tidak mau mengisi daya, seperti dirangkum VIVA Tekno dari Business Insider, Sabtu, 7 November 2020.

Stopkontak

Mulailah asumsi dasar dengan kemungkinan masalah terjadi pada stopkontakda. Cara untuk memperbaikinya bisa dengan mematikan atau memutuskan sirkuit stopkontak.

Kabel Charger

Masalah lainnya kemungkinan berasal dari kabel pengisi daya atau charger. Perangkat ini sering disimpan dalam keadaan digulung, bengkok, serta berantakan yang memungkinkan untuk rusak.

Periksa kabelnya, termasuk memeriksa apakah ada benda terjebak di dalamnya dan tidak ada yang dalam posisi tertekuk. Jika iya, cobalah menggunakan kabel berbeda.

 Power Adapter

Kepala charger juga kemungkinan bermasalah jika ponsel tidak mau mengisi daya. Cek perangkat itu dan pastikan kabel sudah tertancap sempurna pada port.

Cara lain mengecek jika power adapter yang bermasalah bisa dengan mencolokkan kabel ke komputer. Jika ponsel mau mengisi daya baterai dalam keadaan itu, maka kepala cas yang menjadi dalang masalah.

Port Pengisian Daya

Lubang colokan pada ponsel ini rentan terkena debu atau remah-remah dari sekelilingnya. Coba cek port pengisian daya ini dan pastikan dalam keadaan bersih.

Jika memang dalam keadaan kotor bisa dibersihkan, salah satunya dengan menggunakan angin bertekanan. Namun bila ada masalah lain dengan port, sebaiknya pergi ke layanan servis ponsel.

Restart Ponsel

Mungkin masalah pengecasan bukan berasal dari sesuatu yang serius. Misalnya dari bug kecil yang bisa memperbaiki sendiri dengan reboot cepat.

Selain itu juga bisa kamu menggunakan aplikasi atau games di latar belakang yang menyedot baterai secara besar-besaran. Cara memperbaikinya bisa dengan hanya me-restart ponsel saja.

Software

Pembaruan software pada ponsel berusia tua mungkin menyebabkan perangkat mengisi daya. Hanya saja, OS baru akan memakan banyak baterai jadi tidak bisa mengisinya dengan cepat untuk mengimbanginya.

Kemungkinan lain ada bug dalam software baru. Solusi mengembalikan update dari perangkat lunak, restart ponsel dan lihat apakah daya berfungsi.

Jika iya, maka mungkin perlu menunggu hingga patch keluar untuk update bug. Selain itu, juga bisa dengan tidak melakukan pembaruan OS sampai ada upgrade.

Ganti Baterai

Jika semua hal di atas sudah dilakukan namun tetap tak mau mengisi daya, mungkin ini saatnya mengganti dengan baterai baru.

Baca juga: Ada yang Menyeramkan di Maxstream