Siasat Facebook Cari Untung Menjelang Ramadan

Media sosial Facebook.
Sumber :
  • REUTERS/Dado Ruvic

VIVA – Data milik jejaring sosial Facebook menyebut, rata-rata penggunaan mobile di Indonesia dalam sehari mencapai 4 jam 20 menit. Bahkan, selama Bulan Suci Ramadan, jumlah pengguna Facebook dan Instagram melonjak hingga 97 persen.

Tak heran bila saat ini pengiklan di mobile platform menjadi penting, sehingga Facebook mengajak beberapa merek beriklan lewat mobile platform, baik di Facebook maupun Instagram Stories.

"Ramadan sudah menjadi pembicaraan di platform kita jauh-jauh hari. Dan, betapa pentingnya untuk merek ternama seperti Nestle dan Lazada untuk memanfaatkan momentum ini. Karena, konsumen mereka di situ semua," kata Market Science Leader Facebook Indonesia, Adisti Latief, di Jakarta, Senin, 7 Mei 2018.

Ia mengatakan, bila Facebook membuat iklan pocket TV di platformnya sejak 1,5 tahun lalu. Sedangkan untuk Instagram Stories dimulai pada awal tahun ini. Media sosial itu juga sedang mengembangkan pengguna bisa langsung chat beserta mereknya lewat messenger.

Salah satu yang menggunakannya adalah Lazada. Menurut Adisti, tahun lalu mereka juga beriklan lewat mobile dengan tujuan untuk brand awareness dengan tujuan cash delivery, free shipping, dan authentic product. (mus)