Dampak Buruk Terlalu Banyak Gunakan Serum Wajah

Serum
Sumber :
  • VIVA/ Lutfi Dwi Pujiastuti

VIVA – Polusi udara, pengaruh buruk dari gaya hidup, hingga pola makan buruk membuat kulit membutuhkan perawatan lebih. Namun tahukah Anda jika skin care yang digunakan berlebihan justru dapat membahayakan kulit?

Menggunakan skin care serum terlalu berlebihan dapat membahayakan kulit. Karenanya takaran penggunaan skin care yang tepat penting sekali dipahami.

Spesialis kulit dan kelamin, dr. Frea Astrilia Tamarina, SpKK menerangkan  soal takaran dan pengaplikasian yang tepat untuk penggunaan serum termasuk juga body lotion.

"Yang paling penting kita gunakan itu adalah menggunakan serum wajah. Serum wajah sendiri sebaiknya digunakan dalam takaran kurang lebih sebesar biji kopi," kata Astrilia saat berbincang dengan VIVA, Rabu, 2 Januari 2019.

Jadi cukup sedikit saja dan tidak boleh terlalu banyak. Ia menambahkan jika penggunaan terlalu banyak maka konsentrasi yang didapat malah berlebihan, sehingga berpotensi iritasi. Sedangkan untuk penggunaan body lotion pun juga sebaiknya ditakar.

"Untuk body lotion sendiri kita gunakan dalam takaran kurang lebih sebanyak ukuran 1-2 kantung teh," katanya.

Selain itu frekuensi mengoleskan body lotion juga sebaiknya beberapa kali dalam sehari. "Yang penting itu adalah penggunaannya secara berulang. Digunakannya setelah mandi saa kondisi kulit masih lembab." (ldp)