Curhat Nadine Tentang Lumba-lumba Menyayat Hati

Nadine Chandrawinata.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ichsan Suhendra

VIVA.co.id – Selain menjadi aktris, mantan Puteri Indonesia 2005, Nadine Chandrawinata, juga dikenal sebagai aktivis lingkungan. Sirkus lumba-lumba adalah salah satu isu yang ia kembali soroti.

Dalam unggahan foto di Instagram miliknya, @nadinelist, beberapa waktu lalu, ia mengungkapkan keprihatinannya terhadap kondisi lumba-lumba yang banyak dijadikan penghibur dalam pertunjukkan sirkus.

"Bayangkan kalau kita sebagai lumba-lumba, dipindahkan menggunakan truk di dalam tangki kecil berjam-jam. Setelah itu air kolam diberi klorin (kaporit) tujuannya agar air bebas bakteri patogen sehingga tidak mudah keruh, dan itu membutakan mata lumba-lumba perlahan-lahan. Tersiksa!" tulisnya.

Saat ditemui di kawasan Sudirman, Minggu, 13 Agustus 2017, Nadine mengatakan bahwa laut adalah tempat paling tepat untuk menyaksikan lumba-lumba secara langsung, bukan di pertunjukkan sirkus. Menurutnya, berkunjung langsung ke laut lebih banyak memberi manfaat.

"Kalau ingin lihat lumba-lumba lebih baik ke laut. Selain meningkatkan pariwisata kita, itu juga bagus untuk edukasi anak anak dan bisa jadi short trip mereka. Muka lumba-lumba emang sudah setting-annya senyum, padahal mereka menangis karena airnya dari klorin, mata mereka buta, kulit mereka dikasih mentega biar tidak terbakar," kata dia.