Kini, Topeng Batman Jadi Obat Kanker Anak

Ilustrasi topeng Batman untuk pengobatan kanker
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Pengobatan kanker bisa sangat menakutkan bagi orang dewasa, terlebih anak-anak. Tapi sekarang, pusat kanker di Glasgow telah menemukan solusi agar penanganan kanker bisa menyenangkan.

Dilansir dari laman Metro, Jumat 15 Desember 2017, anak-anak akan diberi topeng superhero yang dirancang menyerupai Batman, Hulk, dan Pikachu saat radioterapi ke otak, kepala, atau leher.

Dibuat menggunakan cat akrilik berbasis air, topeng buatan ini akan menggantikan alat pendahulunya yang lebih sederhana, dan akan dipakaikan pada anak-anak saat menjalani perawatan.

Teknisi klinis Fiona McCulloch dan Hilary Sturrock menggunakan dana dari badan amal Beatson untuk membuat topeng tersebut di Beatson West of Scotland Cancer Centre di Glasgow.

Pasangan ini bekerja sama dengan pasien untuk menciptakan masker unik mereka. Kedua teknisi tersebut adalah mantan siswa seni yang kuliah di Duncan of Jordanstone College of Art and Design di Dundee.

Fiona mengatakan, perawatan radioterapi yang memakai salah satu masker ini bisa jadi pengalaman yang sangat menakutkan bagi anak-anak, dan seringkali bisa terasa sesak.

"Ini fantastis untuk melihat dampak positif dari desain yang ada, dan senang bekerja dengan pasien dan menciptakan ide dan desain mereka," kata Fiona

Radiografer di BWOSCC berharap bahwa inisiatif ini akan menurunkan penggunaan anestesi yang kadang-kadang diperlukan untuk menenangkan pasien dan membatasi pergerakan.

Sementara itu, Hilary mengatakan bahwa ia merasa bersyukur memiliki kesempatan untuk melakukan studi sebelumnya terhadap pengalaman berharga dan positif bagi pasien anak-anak ini. Terlepas dari kenyataan bahwa mereka telah menerima banyak permintaan, tim dokter telah meresponsnya dengan positif.