Dokter, Apakah Orang Gemuk Kolesterolnya Pasti Tinggi?

Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id - Masalah berat badan memang menjadi isu kesehatan yang seksi untuk dibahas lagi dan lagi. Muncul pertanyaan di masyarakat, apakah orang yang gemuk sekali kadar kolesterolnya pasti tinggi? Kemudian, apakah olahraga efektif untuk mengurangi berat badan berlebih?

Untuk menjawab pertanyaan ini, dokter Nina Amelia Gunawan dari laman Meetdoctor menjelaskan, bahwa orang dengan berat badan berlebih, belum tentu memiliki kadar kolesterol tinggi.

“Meski demikian, indeks massa tubuh yang berlebih meningkatkan risiko terjadinya penyakit pembuluh darah, jantung, sehingga tetap saja dianjurkan untuk mencapai berat badan ideal,” ujar Nina.

Dalam pemeriksaan kolesterol, ada beberapa indikator yang perlu dinilai yakni kadar LDL (kolesterol jahat), HDL (kolesterol baik), serta trigliserida. Olahraga sangat dianjurkan untuk mengurangi kadar lemak dan kolesterol dalam darah.

“Selain itu, olahraga juga dapat meningkatkan kadar HDL di dalam darah. Semakin kecil ratio antara LDL dan HDL maka semakin rendah pula risiko timbulnya penyakit jantung,” katanya.
 
Peningkatan kadar kolesterol jarang menimbulkan keluhan signifikan. Namun beberapa penderitanya dapat merasakan adanya keluhan kencang/kaku leher, timbulnya benjolan pada kulit sekitar mata, akibat deposit lemak berlebih (xanthelasma), maupun pada area persendian dan jaringan tubuh lainnya (xanthoma).

Jangan lewatkan program interaktif #dokterVIVA bersama MeetDoctor setiap hari Rabu, pukul 10.00-12.00 WIB di Facebook VIVAlife, Twitter @VIVAlife_ dan Periscope VIVA.co.id.