Honda Rancang Motor yang Bisa Terbang

Logo Honda
Sumber :
  • VIVA/Krisna Wicaksono

VIVA – Honda dikenal sebagai salah satu produsen sepeda motor, yang selalu membuat kejutan dengan produk mereka. Salah satu buktinya, saat mereka meluncurkan ADV 150 di Indonesia.

Meski mengusung konsep skuter matik, namun desainnya berbeda dengan motor milik produsen lain. Honda menyematkan gaya petualang pada kuda besi berbanderol mulai dari Rp33,5 juta itu.

Selain ADV 150, ternyata pabrikan motor berlogo sayap mengepak itu juga sedang sibuk menyiapkan proyek baru. Hal itu diketahui, dari bocoran yang muncul di dunia maya, dilansir dari Greatbiker, Senin 5 Agustus 2019.

Jika ADV 150 masih dibekali dengan dua roda layaknya motor pada umumnya, kendaraan baru Honda yang baru saja didaftarkan hak patennya ini sama sekali tidak memakai karet bundar.

Alasannya sederhana, motor akan bergerak dengan cara melayang di udara, mirip helikopter. Konsep ini umum dikenal dengan nama motor terbang. Meski sudah ada beberapa perusahaan yang berusaha membuat, namun baru kali ini ada produsen besar yang tertarik mengembangkannya.

Wujudnya tidak umum, ada sebuah kotak dengan bangku dan tuas pengendali di atasnya. Pada bagian depan dan belakang, dipasang pelindung berbentuk oval. Pelindung tersebut menjadi rumah dari delapan kipas, yang menjadi sumber penggerak motor.

Empat set kipas digunakan, untuk memastikan motor bisa melayang dengan kondisi cukup stabil. Sumber tenaganya bukan bensin, melainkan energi listrik yang disimpan pada baterai di bawah jok.

Untuk menjaga kestabilan ketika berada di udara, Honda sudah memiliki teknologinya, yakni hasil pengembangan robot ASIMO dan motor konsep yang bisa berdiri tegak tanpa pengendara.

Sayangnya, tidak diketahui pasti kapan mereka berniat untuk memasarkannya. Namun, dengan rekam jejak Honda yang selalu cepat menghadirkan teknologi baru, tampaknya hal itu bakal terwujud dalam waktu tidak terlalu lama.