Pertama Kali dalam 30 tahun, Piala Oscar Digelar Tanpa Pembawa Acara

Lambang Piala Oscar
Sumber :
  • oscars.org

Penyerahan Piala Oscar 2019 akan tetap diadakan tanpa pembawa acara, untuk pertama kalinya sejak tahun 1989. Tetapi kemungkinan terdapat alasan mengapa hal ini baru terjadi kembali setelah sekian lama - karena acara tersebut berada di peringkat teratas daftar Academy Awards terburuk dalam sejarah.

Diperlukan waktu yang lama untuk mendapatkan rekaman malam itu.

Ingatan tentang betapa buruknya menjadi kabur, karena para penggemar Oscar usia muda tidak pernah mendengar ceritanya.


Bintang tahun 80-an seperti Martha Plimpton dan River Phoenix menginjakkan kaki di karpet merah. - Barry King

Seperti itulah dongengnya ketika akhirnya rekaman muncul di YouTube, menarik satu juta perhatian per hari.

Kami tidak bisa menghadirkan rekaman tersebut di sini - jadi izinkan kami menggambarkan rekaman lewat kata-kata dan penjelasan bagian-bagian terburuk.

Snow White d an bintang manusia yang menari

0:01: Army Archerd, kolumnis majalah Variety, berdiri di pintu masuk ke Oscars (yang diadakan di Shrine Auditorium pada tahun itu) dan memperkenalkan "salah satu legenda besar Hollywood."

Ternyata adalah Snow White (diperankan Eileen Bowman, 22 tahun) - yang mengenakan pakaian persis seperti putri dongeng rekaan Disney tahun 1937.

Dia menjelaskan - dalam suara yang sangat tinggi sehingga bisa dibilang ultrasonik - bahwa dirinya "agak terlambat" dan ingin mengetahui cara memasuki teater.

Teater yang pintu masuknya tepat di depannya. Archerd mengatakan kepadanya "ikuti saja para bintang Hollywood."

Mereka ternyata bukan aktor, tetapi orang-orang yang mengenakan stocking dengan bintang bersinar di perut mereka. Snow White mengikuti mereka ke dalam. Sebagian penonton sudah mulai meringis ... padahal acara baru berlangsung selama 20 detik.

0:28: Semakin banyak bintang di panggung. Mereka bertepuk tangan dengan sopan saat menghadap ke arah para penonton dan membungkukkan diri.

Dengan jeritan mirip lagu paus, Snow White masuk dari belakang; dia harus turun ke bawah untuk mencapai bagian depan, menuruni lorong dengan aktor, sutradara dan produser di kiri kanannya.

Pada gambar pertama, wajah mereka memperlihatkan keterkejutan. Snow White menyapa sebagian dari mereka; tetapi mereka justru berusaha menghindar sebisa mungkin (kecuali Robin Williams yang terlihat menikmatinya).


Jodie Foster pemenang Aktris Terbaik lewat The Accused. - Barry King

0:58: Snow White mencapai bagian depan dan berdiri tepat di hadapan Michelle Pfeiffer, menatapnya, saat dia mulai menyanyi.

Dia berusaha memegang tangan Pfeiffer. Tetapi Pfeiffer justru menjauh. Gerakan Pfeiffer ini - sama sekali menolak untuk ikut serta, menjadi bagian dari apa yang terjadi - menjadi isyarat bagi dunia yang sedang menonton seperti apa keadaan di teater, padahal acara baru berlangsung satu menit.

(Aktris Lorna Luft, yang menolak peran Snow White, kemudian mengatakan saat melihat ekspresi Pfeiffer - "Kalau Anda tidak menjauh sekarang, saya akan membunuh Anda" - adalah saat dimana dia mengetahui bahwa dirinya mengambil keputusan yang tepat).

Apa yang terjadi kemudian

Setelahnya terjadi lagi masalah pada acara yang sebenarnya biasa dilakukan - Bob Hope dan Lucile Ball memperkenalkan nyanyian dan tarian "bintang masa depan" selama 10 menit, berisi aktor muda menirukan Michael Jackson, tarian tap dengan mengenakan celana gaya MC Hammer yang pinggangnya sampai ke leher.

Bagian ini juga terlalu panjang dan buruk. Tetapi sepertinya ini menjadi tidak berarti; karena pada saat itu semua orang sudah mencapai kesimpulan.

"Upacara Academy Awards ke-61 dimulai dengan kesan bahwa tidak akan pernah ada acara ke-62," tulis Janet Maslin di New York Times .


Sebagian besar bintang masa depan ini gagal berkarir di dunia film. - Ron Galella, Ltd.

Dua surat-menyurat sangat penting kemudian terjadi.

Yang pertama dari Walt Disney Company, berbentuk tuntutan terhadap Academy karena menggunakan karakter Snow White dan menuntut ganti rugi yang tidak dirinci terkait dengan "pelanggaran hak cipta, persaingan tidak adil dan merusak nama baik bisnis."


Allan Carr (tengah) mengira mereka telah menciptakan acara yang bagus. - Ron Galella, Ltd.

Yang lainnya adalah dari sekitar 17 tokoh Hollywood - termasuk Julie Andrews, Paul Newman, Billy Wilder, Sidney Lumet dan mantan presiden Academy Gregory Peck - mengutuk apa yang terjadi di Shrine sebagai "memalukan baik bagi Academy maupun keseluruhan industri film."

Tetapi di tengah-tengah semua hal ini, malam itu sebenarnya tercatat sejumlah keberhasilan, dengan 42,7 juta orang menonton di AS, 10 juta orang lebih banyak dibandingkan tahun 2018.

Selain itu, terdapat sejumlah perubahan yang mencirikan upacara sampai sekarang. Seperti frasa "dan pemenangnya adalah..." yang digantikan dengan "dan Oscar diberikan ke...". Nama perusahaan besar juga dipromosikan untuk pertama kalinya.

Dan Billy Crystal yang dipilih menjadi pembawa acara Oscars tahun 1990 secara penuh membuka acara dengan kalimat, "Apakah itu (tepuk tangan) untuk saya, atau Anda hanya gembira karena saya bukanlah Snow White?"