Mundur, Meghan Markle-Pangeran Harry Umumkan Hal Lain yang Mengejutkan

Harry dan Meghan Markle
Sumber :
  • Instagram Duke and Duchess of Sussex

VIVA – Meghan Markle dan Pangeran Harry memutuskan untuk mundur dari keluarga Kerajaan Inggris. Kabar yang dirilis lewat Instagram mereka, @sussexroyal itu mengejutkan banyak pihak. Meghan dan Harry mengatakan, mereka berencana untuk mandiri secara finansial.

"Kami bermaksud untuk mundur sebagai anggota senior di Kerajaan Inggris dan bekerja untuk bisa mandiri secara finansial, sambil terus mendukung secara penuh Sang Ratu," kata mereka dalam pernyataan resminya, Rabu, 8 Januari 2020.

Pengumuman ini muncul setelah pasangan tersebut terlibat konflik hukum dengan media Inggris, beberapa bulan lalu. Pangeran Harry sebelumnya diketahui mengutuk media Inggris karena dianggap sudah berlaku kejam terhadap sang istri, Meghan Markle.

Mengutip USA Today, beberapa saat setelah pengumuman di Instagram dirilis, situs Harry dan Meghan juga mengeluarkan pernyataan, termasuk terkait media yang akan mereka gunakan untuk publikasi kegiatan mereka ke depannya.

Baca Juga: Pangeran Harry dan Meghan Markle Mundur dari Keluarga Kerajaan Inggris

Mereka menyebut, akan mendobrak tradisi dan tak lagi mengikuti sistem Royal Rota yang mengundang media-media lama Inggris untuk melaporkan secara eksklusif kegiatan mereka. Untuk ke depan, Pangeran Harry dan Meghan Markle ingin lebih dekat dengan media-media akar rumput yang lebih muda dan sedang naik daun.

Tanpa merasa tak enak hati terhadap media Inggris yang secara konsisten memberitakan mereka, Harry dan Meghan juga ingin mengundang media spesialis ke event-event tertentu mereka.

"Koresponden Kerajaan Inggris diketahui secara internasional sebagai sumber yang kredibel baik untuk memberitakan pekerjaan Keluarga Inggris maupun kehidupan pribadi mereka," tulis pernyataan dalam website tersebut, dikutip USA Today, Kamis, 9 Januari 2020.

"Kesalahpahaman liputan sering terjadi oleh media-media lain di seluruh dunia, yang malah menambah kesalahan pemberitaan," mereka menambahkan.

Sementara itu, Keluarga Kerajaan Inggris juga disebut tidak diajak berembuk soal keputusan ini. Koresponden kerajaan untuk BBC mengatakan, Sang Ratu kecewa atas keputusan Meghan Markle dan Pangeran Harry.