Korban Tewas Gempa Filipina Sudah 7 Orang

Ilustrasi mesin seismograf membaca gempa.
Sumber :
  • ANTARA Foto/Nyoman Budhiana

VIVA – Gempa bumi berkekuatan 6,6 magnitudo yang mengguncang Filipina selatan untuk sementara sudah menewaskan tujuh orang. Guncangan gempa ini juga membuat banyak gedung roboh dan puluhan korban luka-luka.

Miris, Penyintas Gempa di Turki-Suriah Mulai Alami Serangan Panik dan Stres

Dilansir dari Channel News Asia, Rabu, 30 Oktober 2019, gempa yang terjadi Selasa kemarin membuat warga Mindanao, Filipina Selatan panik berhamburan. Mereka lari ketakutan dengan menuju jalan-jalan.

Meski guncangan gempa hanya satu menit, namun sudah merusak berbagai gedung rumah, bangunan sekolah. Gempa ini memperlihatkan Filipina memang bagian dari kawasan Cincin Api.

MasyaAllah! Korban Gempa Turki Lantunkan 2 Ayat Al Baqarah Ini saat Ditemukan

Kawasan Cincin Api ini memiliki aktivitas seismik yang kuat dengan membentang dari Jepang hingga Asia Tenggara.

Laporan AFP yang dikutip Channel News Asia menyebut sejumlah siswa sekolah karena terkena puing runtuhan sekolah saat gempa. Bahkan runtuhan tembok akibat gempa ini sudah menewaskan seorang pria berusia 66 tahun. Sedikitnya ada 50 orang terluka karena puing-puing runtuhan akibat gempa ini.

Kiper Klub Sepakbola Turki Meninggal Dunia Tertimpa Reruntuhan

Sebelumnya, Gempa berkekuatan 6,6 magnitudo mengguncang Mindanao, Filipina. Gempa ini dilaporkan terjadi pada Selasa, 29 Oktober 2019, waktu setempat

Dikutip dari Twitter lembaga Geologi AS, U.S.Geological Survey @USGted, update gempa berkekuatan 6,6 magnitudo dari sebelumnya 6,8.

Ilustrasi - Seismograf, alat pencatat getaran gempa.

Gempa Magnitudo 6.0 Guncang Filipina Selatan

Gempa berkekuatan 6,0 Magnitudo mengguncang Filipina selatan pada Selasa, 7 Maret 2023. Otoritas setempat juga memperingatkan gempa susulan dan kemungkinan akan merusak.

img_title
VIVA.co.id
7 Maret 2023