Logo DW

Apa Impian Angela Merkel Seandainya Tembok Berlin Tidak Runtuh

picture-alliance/dpa/dpaweb
picture-alliance/dpa/dpaweb
Sumber :
  • dw

Seandainya Tembok Berlin tidak pernah runtuh 1989, Angela Merkel saat ini mungkin sedang bepergian dengan mobil di AS, kata Kanselir Jerman dalam wawancara dengan majalah berita Der Spiegel minggu lalu.

Ketika ditanya apa yang akan terjadi padanya jika Jerman tetap terpecah antara Jerman Barat dan Jerman Timur, Angela Merkel mengatakan kepada pewawancaranya: "Kita tidak akan bertemu, itu sudah pasti."

Ketika ditanya lagi tentang apa yang mungkin dia lakukan hari ini, Kanselir Jerman itu mengatakan, dia yakin bisa mewujudkan mimpinya: "Saya ingin melakukan perjalanan panjang pertama saya ke Amerika Serikat."

"Karena luasnya, keanekaragamannya, budayanya. Untuk melihat Rocky Mountains, berkeliling dan mendengarkan Bruce Springsteen - itu adalah impian saya," katanya, merujuk pada penyanyi terkenal AS itu dengan hits seperti "Born in the USA."

Baca juga: Berapa Biaya Penyatuan Kembali Jerman Barat dan Timur?

Memang senang menjelajah

Dalam wawancara itu, Merkel yang berusia 65 tahun menegaskan lagi bahwa dia memang sejak dahulu ingin menjelajah Jerman. Dia memang lahir di Hamburg tapi tumbuh di Jerman Timur sebagai warga negara sosialis itu. Kalau pensiun dari pekerjaannya sebagai ahli fisika, dia akan mendapat izin untuk keluar dari Jerman Timur, hal yang tidak bisa dilakukan begitu saja oleh warga biasa.