Logo DW

Perundingan Paris, Rusia dan Ukraina Sepakat Lakukan Gencatan Senjata

picture-alliance/AP/EPA/ C. Petit
picture-alliance/AP/EPA/ C. Petit
Sumber :
  • dw

Presiden Rusia Vladimir Putin serta Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy sepakat untuk melakukan gencatan senjata di timur Ukraina di akhir tahun menyusul pertemuan perdana mereka pada hari Senin (09/12) dalam Perundingan di Paris yang dimediasi oleh Prancis dan Jerman.

"Kedua pihak berkomitmen penuh secara komprehensif melakukan gencatan senjata, didukung semua pengimplementasian langkah-langkah yang dibutuhkan untuk gencatan senjata, sebelum akhir tahun 2019," menurut rilis usai perundingan tersebut.

Perundingan yang melibatkan empat petinggi negara termasuk Jerman dan Prancis, juga menghasilkan kesepakatan bagi kedua pihak untuk pertukaran tahanan semua untuk semua di pengujung tahun.

Zelenskiy, yang untuk pertama kalinya bertemu langsung dengan Putin telah menjadikan penyelesaian konflik berdarah di timur Ukraina sebagai agenda prioritas kepemimpinannya.

Harapan perjanjian damai Minsk

Kanselir Jerman Angela Merkel mengatakan, hasil pertemuan itu memberikan momentum baru untuk menghidupkan kembali perjanjian damai 2015 untuk Ukraina timur yang mandek.

"Saya katakan secara terbuka, kami memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan tapi perasaan saya dari pertemuan hari ini di sini (Paris) adalah bahwa ada niat baik untuk menyelesaikan persoalan sulit ini," ujar Merkel dalam konferensi pers bersama dengan para pemimpin Prancis, Ukraina, serta Rusia.