Mr Smile Diangkat Jadi Perdana Menteri Korsel, Siapa Dia

Moon Jae-in Presiden Korea Selatan
Sumber :
  • Instagram/Seoul_Korea

VIVA – Presiden Korea Selatan Moon Jae-in menunjuk seorang mantan juru bicara parlemen yang dikenal sebagai Mr Smile sebagai Perdana Menteri. Chung Sye-kyun sebelumnya pernah menjabat sebagai anggota parlemen enam masa jabatan dan mantan menteri perdagangan.

Kemenhub Bebastugaskan Pejabat yang Ajak YouTuber Korsel ke Hotel

Dia juga pernah memperoleh penghargaan karena sikapnya yang lembut. Laporan media lokal menyebut dia sudah enam kali terpilih sebagai anggota parlemen yang paling sopan oleh wartawan yang biasa meliput di Majelis Nasional.

"Dia selalu menjalankan politik yang suka mendengarkan, dengan menghargai dialog dan kompromi dengan kepribadiannya yang lembut," kata Moon dilansir Channel News Asia, Rabu 18 Desember 2019.

Pria Plontos Ajak Youtuber Korea ke Hotel Ternyata Pejabat Bandara Kolaka

Di bawah kepemimpinan eksekutif Korea Selatan, pekerjaan perdana menteri sebagian besar bersifat seremonial.

Pengangkatan Chung sebagai perdana menteri dilakukan setelah PM sebelumnya Cho Kuk yang terpaksa mengundurkan diri pada bulan Oktober 2019 karena dituduh terlibat skandal besar tentang hak istimewa akademik yang dia berikan kepada anak-anaknya.

Cek Fakta: Timnas Indonesia Dicoret AFC Gegara Suap Wasit

Skandal itu berbuntut demonstrasi besar untuk menentang Cho Kuk. Presiden Moon akhirnya mengeluarkan permintaan maaf publik lantaran menciptakan konflik di antara warga.
 

Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol

Frustasi Angka Kelahiran Rendah, Presiden Korsel Bentuk Kementerian Baru

Presiden Korea Selatan, Yoon Suk Yeol mengatakan bahwa ia berencana membentuk kementerian pemerintah baru untuk mengatasi darurat nasional karena tingkat kelahiran rendah

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024