Jualan Online, Bisnis Campina Tumbuh di Atas Capaian Industri FMCG

Ilustrasi Es Krim
Sumber :
  • blog.icecreamstore.co.id

VIVA – Produsen es krim PT Campina Ice Cream Industry, Tbk memperkuat pelayanannya kepada konsumen. Hal ini dilakukan agar bisa memperluas pasar untuk generasi muda dan milenial saat ini yang dekat dengan teknologi. 

Ekspansi Bisnis, Bos MD Pictures Jual Saham FILM Raup Rp 1,25 Triliun

Marketing Communication Manager PT Campina Ice, Harwindra Yoga Prasetya, mengungkapkan, saat ini penjualan es krim Campina juga dilakukan secara online. Baik melalui www.icecreamstore.co.id di mobile web atau pun mobile apps

Generasi muda, menurut Yoga, memiliki kebiasaan untuk berbelanja daring untuk membeli gadget, pakaian, dan makanan. Karena itu, perusahaan harus bisa beradaptasi dengan kondisi pasar tersebut. 

Kasus Pria Ditemukan Tewas di Freezer Mobil Es Krim, Polisi: Diduga Terkunci dari Luar

Dia menjelaskan, untuk memastikan layanan itu berjalan baik, Campina memiliki standar operasional prosedur yang ketat dalam hal pemesanan dan pengiriman. Untuk pemesanan, konsumen bisa memilih tanggal berapa saja es krim dikirim. 

Sementara itu, untuk pengiriman, Yoga menjamin bahwa timnya bisa menghadirkan es krim pilihan konsumen hanya dalam waktu singkat kurang dari dua jam.

Kronologi Penemuan Pria Tewas di Dalam Freezer Mobil Es Krim

“Bahkan, bisa kurang dari satu jam, tergantung posisi dari konsumen sendiri. Intinya kami bisa pastikan es krim favorit anda berada di depan anda hanya dalam hitungan jam,” ujar Yoga dikutip dari keterangan resminya, Sabtu 21 Desember 2019. 

Untuk memperkuat layanan toko, Campina juga melayani pembelian melalui dompet elektronik atau e-wallet, yaitu Gopay. Saat ini, toko online Campina sudah memiliki 30 distributor atau kantor perwakilan di Pulau Jawa, dan 30 di luar Pulau Jawa. 

"Jumlah distributor tersebut sangat berhasil untuk bisa melayani penggemar Campina di seluruh pelosok Indonesia," tambahnya. 

Selain jualan online, promosi es krim Campina terus dilakukan secara digital dan konvensional. Dengan strategi itu, Campina pun meraih market share 20 persen di kategori es krim secara nasional. 

Campina juga membukukan pertumbuhan di angka 8 persen. Angka tersebut di atas pertumbuhan industri Fast Moving Consumer Goods (FMCG) secara nasional yang hanya sekitar 5 persen tahun ini.

“Kami optimis di tahun ini dan ke depan, karena kami menjual produk yang berkualitas, relevan dan authentic tanpa mengabaikan prinsip-prinsip pemasaran kekinian dan needs (know me better, helpme faster, wow me everywhere, bill me lesser) dari konsumen di setiap target market yang sasar,” tutur Yoga.

Campina juga melakukan kolaborasi bersama brand lain, seperti Disney Marvel dan Nickelodeon. Karakter dari kedua brand di atas dilihat Yoga sangat relevan karena sedang digemari oleh kalangan anak-anak dan remaja.

Dengan strategi bisnis dan upaya peningkatan pelayanan tersebut, Campina lanjutnya, tahun ini dibanjiri pengakuan dari berbagai pihak. Seperti Top Brand Award 2019 (Majalah Marketing), Top Brand for Kids Award 2019 (Majalah Marketing), Social Media Award 2019 (Majalah Marketing), dan Digital Marketing Award 2019 (Majalah Marketing). 

Kemudian ada pula, Indonesia Digital Popular Brand Award 2019 (Tras n’Co) dan Indonesia Green Company 2019 (Majalah SWA dan Yayasan Sri Kehati). Selanjutnya, Campaign of The Year 2019 (Marketeers) untuk new product launch Summer Barz, dan Digital Channel of the Year 2019 (Marketeers) untuk e-commerce website.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya