Logo BBC

Bagaimana Negara-negara di Asia Berperang Melawan Corona?

Banyak negara di Asia yang kini menghadapi tantangan besar untuk memperlambat penyebaran virus corona di tengah peringatan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bahwa beberapa di antaranya perlu melakukan "tindakan agresif".

Sampai sejauh ini, Malaysia, Sri Lanka dan Filipina merupakan negara-negara yang menerapkan penutupan pembatasan dengan ketat.

Kasus di kawasan anak benua di Asia Selatan masih di bawah 500 tetapi ada ketakutan adanya lonjakan bakal membuat sistem kesehatan di sana kelabakan.

Secara global, saat ini tercatat lebih 200.000 dengan 8.00 kematian yang sudah dipastikan.

Beberapa negara dan wilayah yang telah berhasil mengendalikan virus atau memperlambat penyebarannya, seperti Korea Selatan, Hong Kong dan Taiwan, menyaksikan adanya peningkatan lagi. Dikhawatirkan orang yang baru kembali dari luar negeri mengimpor lagi virus tersebut.

Harga saham di Asia terus rontok seiring kekhawatiran pandemi bisa menutupi segala harapan yang muncul seiring rencana pemberian stimulus untuk mengurangi dampak wabah itu.

Siapa yang diperingatkan oleh WHO?

Peringatan itu diberikan kepada negara-negara di kawasan tenggara Asia yang meliputi 11 negara termasuk Indonesia, Sri Lanka, Thailand, Bangladesh dan Korea Utara.