Jangan Sembarangan, Ini Tips Mencuci Sarung Tenun Supaya Awet

Sarung tenun
Sumber :
  • Instagram BHS

VIVA – Saat membeli sarung, pembeli seringkali tidak tahu pasti bagaimana cara merawat sarungnya. Apalagi jika Anda penyuka sarung tenun tradisional Indonesia. Di mana sarung tenun tak bisa dicuci sembarangan karena bisa mempengaruhi kualitas dan tentu saja umur simpannya.

Dipamerkan di NYFW, Koleksi Mamuli Sumba Dipersembahkan untuk Para Penenun Wanita

Diungkapkan salah satu produsen sarung tenun lokal, BHS, pembuatan seluruh produk mereka meliputi proses menenun dengan karya seni dan perpaduan mesin teknologi modern. Proses pembuatan produk terbaru mereka, BHS Cosmo juga menggunakan komposisi bahan Viscose Cotton Blend. Sementara untuk tumpal, ada yang menjadi inovasi terbaru dari yaitu dengan adanya tulisan BHS Cosmo.

Jadi, cara merawat sarung pun berbeda-beda sesuai dengan bahannya. Nah, di bawah ini adalah beberapa cara mencuci sarung yang dibedakan menurut bahannya, mulai dari katun hingga tenun.

Amanda Eyklima Perkenalkan Kain Tenun Suku Baduy di Mongolia

Sarung rayon

Salah satu cara yang sangat dianjurkan adalah dengan mencuci sarung rayon dengan tangan agar warnanya tetap terjaga.

Mantap, Sarung Tenun Samarinda Dibeli Hj Iriana Jokowi dan Hj Wury Ma'ruf Amin

Sarung sutra

Cuci sarung sutra Anda dengan air dingin. Noda apa pun harus digosok dengan spons atau sikat halus. Gantung sarung hingga kering, jauh dari sinar matahari dan panas langsung. Setrika sarung Anda dengan setrika hangat di bagian belakang.

Sarung katun

Sarung berbahan katun umumnya dapat dibersihkan dengan mengikuti petunjuk untuk membersihkan pakaian katun. Namun, Anda harus selalu memeriksa untuk melihat apakah ada instruksi khusus yang menyertainya.

Sarung tenun

Mencuci sarung tenun juga tidak boleh sembarangan. Sarung sebaiknya tidak dicuci menggunakan mesin cuci, air hangat atau panas, tak boleh dikucek dan diperas terlalu kencang. Anda juga harus menggunakan deterjen lembut untuk menjaga kualitas sarung tenun kesayangan.

Jangan jemur langsung di bawah sinar matahari dan pastikan Anda menggunakan setrika dengan panas yang rendah saat menyetrikanya.

Sebagai informasi, produk sarung tenun terbaru BHS dibuat menggunakan mesin teknologi modern untuk mendapatkan motif sarung tenun yang simpel dan elegan. Produk ini juga merupakan jawaban bagi mereka yang ingin sarung tenun premium dengan harga yang terjangkau.

"Produk kali ini juga mengangkat tema dengan motif yang simpel dan elegan, di mana motif polos dihadirkan dengan beberapa warna yang anggun, seperti putih, hitam dan beberapa warna polos lainnya," ujar Najib Abdurrauf Bahasuan selaku Direktur Utama PT Behaestex dalam peluncuran BHS Cosmo baru-baru ini.

Selain polos, ada juga beberapa motif dengan corak lurus, seperti pada motif Cosmo Salur Besar, Istanbul, Monochrome dan Kombinasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya