Indira Gandhi Menangkan Pemilu India

VIVAnews – Setelah berkampanye selama 63 hari, pada 6 Januari 1980, Indira Gandhi berhasil memenangkan pemilu India. Menurut BBC, dari 196 juta suara yang dihitung, Partai Kongres berhasil meraih 351 dari 525 kursi yang diperebutkan di majelis rendah India.

Pemprov DKI Siapkan 5 Juta Blanko e-KTP untuk Pemilih Pemula di Pilkada 2024

Kemenangan besar Indira sangat mengejutkan karena hanya selang tiga tahun sejak rakyat India menolak pemerintahan daruratnya.

Meningkatnya perolehan kursi Partai Kongres membuat India tidak memiliki partai oposisi resmi karena dua partai oposisi yang ada gagal menenuhi ketentuan minimum 54 kursi. Keberhasilan Indira ini diikuti puteranya, Sanjay, yang turut terpilih sebagai anggota parlemen.

Video Pengendara Honda ADV Terjatuh Akibat Potong Jalan Sembarangan

Sebelumnya, antara tahun 1966 hingga 1977, Indira Gandhi pernah menjabat perdana menteri India Pada akhir masa pemerintahannya, Indira menerapkan pemerintahan darurat setelah rakyat menuduhnya melakukan kecurangan pemilu.

Selama 19 bulan pemerintahan darurat, banyak pemimpin oposisi yang dipenjara oleh Indira. Masa pemerintahan kedua Indira berlangsung hingga tahun 1984.

Hubungan Israel-Arab Saudi Alot, Menlu AS Temui Pangeran MBS

Pada bulan Desember 1984, selang dua bulan setelah penyerbuan Kuil Emas kaum Sikh di Amritsar, Indira dibunuh oleh pengawalnya sendiri.

Jaecoo J7 PHEV

Resmi Debut di Auto China 2024, Begini Spesifikasi Jaecoo J7 PHEV

 Pada pameran Auto China 2024, Jaecoo sebagai submerek premium dari Chery resmi memperkenalkan Jaecoo J7 PHEV.

img_title
VIVA.co.id
28 April 2024