Bukan Honeymoon, Tapi Babymoon

Mesra saat hamil
Sumber :
  • inmagine

VIVAnews - Menghabiskan waktu berkualitas bersama pasangan saat Anda hamil memiliki banyak manfaat positif. Ikatan Anda, suami, dan janin bisa semakin erat. Semangat inilah yang kemudian memunculkan gagasan babymoon.

Babymoon mengadopsi konsep honeymoon. Hanya, dilakukan ketika pasangan wanita tengah mengandung.

Saat paling aman untuk babymoon adalah ketika usia kehamilan memasuki trimester ke dua. Karena, pada trimester pertama gangguan kehamilan seperti rasa mual dan pusing biasanya masih terasa. Memperhatikan usia kandungan ini penting demi kenyamanan berlibur.

Mengingat kondisi kehamilan yang berbeda pada setiap wanita, sebaiknya konsultasi dengan dokter sebelum pergi berlibur. Tanyakan pada dokter apakah janin Anda cukup kuat untuk melakukan perjalanan jauh.

Menurut American College of Obstetrics and Gynecology, usia kehamilan 18 hingga 24 minggu adalah paling aman untuk melakukan perjalanan jauh.

Demi kenyamanan, pilih lokasi berlibur yang tak terlalu jauh dari rumah, tapi tetap menghadirkan manfaat relaksasi, dan romantisme. Penting juga memastikan akses rumah sakit terdekat, atau setidaknya klinik. Ini perlu untuk mengantisipasi gangguan kehamilan tak terduga.

Jika melakukan perjalanan dengan dalam mobil, pastikan pasang sabuk pengaman dengan tepat. Yaitu tepat pada tulang bahu, pinggul dan perut bagian bawah. Jika terjadi rem mendadak, perut Anda terlindungi dengan baik.

Selama perjalanan, pastikan setiap dua jam, mobil berhenti dan Anda bergerak. Itu agar sirkulasi darah tetap lancar dan tidak terjadi pembekuan darah. Luruskan kaki dan keluarlah dari mobil, agar Anda terhindar dari kram pembengkakan.

Jangan lupa hirup juga udara segar, sebelum kembali melanjutkan perjalanan. Sediakan makanan dan minuman yang cukup di mobil. Jangan sampai Anda kelaparan atau kekurangan cairan selama perjalanan. (umi)

Wawancara dengan Al Jazeera, Prabowo Beberkan Alasan Mendesaknya Program Makan Siang-Susu Gratis
Raffi Ahmad

Ditawari Jadi BA, Raffi Ahmad Justru Buat Produk Sendiri Setelah Lihat Peluangnya

Bersama timnya, Raffi Ahmad dan Budiyanto melakukan riset yang mendalam guna menciptakan produk yang tidak hanya unggul dari segi kualitas, tetapi juga memiliki keunikan

img_title
VIVA.co.id
13 Mei 2024