"Bapak Kebugaran" Jack LaLanne Meninggal

Jack LaLanne
Sumber :
  • usatoday.com

VIVAnews-Jack LaLanne, atau dikenal sebagai ‘bapak kebugaran dunia’ meninggal pada usia 96 tahun, pada Minggu, 23 Januari 2011. LaLanne adalah orang pertama yang memperkenalkan sarana kebugaran komersial, dan mendorong warga Amerika Serikat menjaga tubuh mereka tetap bugar.

Kasus DBD Naik, PPDI Minta Perempuan RI Ikut Donor Darah

Seperti dilansir dari laman BBC, Selasa, 25 Januari 2011, LaLanne meninggal Minggu lalu di rumahnya di Morro Bay, California. Dia meninggal karena sesak nafas akibat radang paru-paru akut.

Sepanjang hidupnya, LaLanne dikenal oleh AS sebagai seorang yang gigih mempromosikan latihan angkat beban, dan latihan pembentuk tubuh di pusat kebugaran. Jika anda rajin berolahraga di tempat fitness, maka anda harus berterima kasih kepada LaLanne.

Mayat Bayi Ditemukan Terbungkus Kardus di Tanah Abang, Diduga Dibuang Sang Ayah.

Pada 1936, LaLanne membuka pusat kebugaran untuk umum pertama AS, atau mungkin di seluruh dunia di Oakland, California. Menurut Phillip Haberstro dari Asosiasi Nasional untuk Kesehatan dan Fitness AS, sebelum pusat kebugaran bagi umum LaLanne dibuka, tempat semacam ini hanya digunakan oleh para binaragawan, atlit angkat besi, dan anggota militer.

LaLanne jugalah yang menciptakan alat latihan angkat beban, alat beban memakai kaki, alat tarik kabel, dan alat angkat beban dengan pilihan berbagai massa beban. Alat-alat ini masih terus dipakai, dan dikembangkan pada masa sekarang.

Punya Banyak Proyek Properti di Bandung Raya, APLN Pede Kuasai Pasar Jawa Barat

Pusat kebugaran LaLanne bukan tak mendapat hambatan, beberapa orang awalnya menyangsikan apakah cara ini berhasil membuat seseorang lebih bugar.

“Para dokter menentang saya, mereka bilang latihan angkat beban akan menyebabkan serangan jantung dan akan menghilangkan gairah seksual. Wanita akan terlihat seperti pria dan bahkan para pelatih melarang para atlit mereka mengangkat beban karena dikira akan menyebabkan cedera otot,” ujar LaLanne pada situs resminya.

Namun demikian, pusat kebugaran LaLanne makin banyak diminati. Dia bahkan membuka sejumlah cabang di seluruh negeri. Pada tahun 1990an, ada lebih dari 200 pusat kebugaran Jack Lalanne di AS. Saat ini pusat kebugaran ini bernama Bally Total Fitness.

LaLanne juga terkenal giat mendorong warga AS berolahraga. Pada 1951, dia memulai program latihan di televisi. “The Jack Lalanne Show”, adalah program latihan tubuh pertama di AS yang menyerukan kepada semua orang bangun dan melakukan sit up. LaLanne menekankan olahraga dapat dilakukan di mana saja. Dia mengajarkan bagaimana membentuk tubuh memakai peralatan sederhana di kantor dan rumah, seperti sapu dan kursi.

LaLanne pernah memecahkan beberapa rekor pada usia senjanya. Terakhir, pada usia 70 tahun, dia masih kuat menarik 70 perahu dayung dengan 70 orang diatasnya.

Berkat Lalanne, kini ada 23.000 pusat kebugaran, dengan 43 juta anggota, berdasarkan laporan pakar ekonomi, Paul Zane Pilzer. Dia mengatakan Lalanne sukses berbisnis dengan membuka pusat kebugaran.(np)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya