BI Beri Sinyal Bunga Akan Terus Turun

VIVAnews - Bank Indonesia memberikan sinyal suku bunga acuan atau BI Rate akan terus menurun pada tahun ini.

"Dengan proyeksi inflasi ke depan 5-7 persen, ruang penurunan BI Rate masih ada," ujar Gubernur BI Boediono di Jakarta, Rabu, 7 Januari 2009.

Namun, menurut dia, penurunan suku bunga akan dilakukan bertahap sembari memantau perkembangan laju inflasi dan sektor riil. "Nanti, kami putuskan lagi."

Setelah menurunkan bunga pada Desember lalu, pada Januari ini bank sentral kembali menurunkan BI Rate lebih agresif sebesar 0,5 persen menjadi 8,75 persen. Penurunan bunga itu dianggap sebagai sinyal BI untuk mendukung pergerakan sektor riil.

Deputi Gubernur BI, Hartadi Sarwono menekankan pelemahan kegiatan ekonomi dalam negeri memang akan berdampak pada penurunan laju inflasi hingga di kisaran 5-7 persen.

May Day, Jokowi Gowes hingga Main Bola di Mataram NTB

Penurunan inflasi ini akan menjadi dasar BI untuk mengambil kebijakan ke depan. "Tujuannya agar Indonesia bisa bertahan dengan pertumbuhan ekonomi yang baik."

Ilustrasi kecelakaan di jalan tol.

Kecelakaan di Tol Japek, Avanza Kebakar Mobil Pikap Terbalik

Kecelakaan melibatkan satu unit mobil Toyota Avanza dengan satu unit mobil pick up terjadi di jalan Tol Jakarta- Cikampek (Japek) tepatnya di KM 06, pagi ini.

img_title
VIVA.co.id
1 Mei 2024