Jika Ada Rekening Malinda, BRI Siap Blokir

Sofyan Basir Dirut PLN.
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews  - Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) menyebutkan dua bank milik pemerintah atau Badan Usaha Milik Negara (BUMN) termasuk dalam 10 bank penyimpan rekening Inong Malinda alias Malinda Dee.

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) sebagai salah satu bank BUMN menyatakan siap memberikan keterangan dan siap memblokir rekening jika mendapat perintah dari otoritas yang berwenang.

Direktur Utama BRI, Sofyan Basir, mengungkapkan, jika nantinya BRI dimintai keterangan oleh aparat yang berwenang atau aparat hukum, manajemen akan membantu dan mendukung. BRI siap bekerja sama dan berkoordinasi dengan pihak mana pun untuk memblokir rekening jika diperintahkan.

"Kalo ada (rekening Malinda) akan diblokir, pasti. Atas perintah otoritas kami akan lakukan apa pun yang diperintahkan, itu kewajiban kami sebagai bank," kata Sofyan di Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu 20 April 2011.

Namun, hingga saat ini, Sofyan belum berkoordinasi dengan PPATK. BRI pun belum melakukan tindakan apa pun berkaitan dengan ada atau tidaknya rekening dari tersangka pembobolan dana nasabah Citibank tersebut.

Jika nantinya ditemukan, BRI akan melakukan tindakan sesuai kebijakan dan keputusan hukum yang berlaku. "Jika Malinda punya (rekening di BRI), sesuai dengan kebijakan dan keputusan hukum yang ada, itu yang akan kami lakukan. Sementara, hingga kini, kami belum lakukan apa pun. Koordinasi dengan PPATK sementara ini juga belum ada," kata Sofyan.

Dia menuturkan, kalaupun nantinya ditemukan rekening Malinda Dee di BRI, hal itu wajar saja. Karena, Malinda sebagai warga masyarakat dan sebagai pekerja bisa saja membuka rekening tabungan di bank mana pun. Namun, bila dalam rekening tabungan tersebut ditemukan persoalan atau masalah, itu bukan menjadi urusan bank melainkan pribadi.

Ketika ditegaskan apakah sebenarnya ada atau tidak rekening Malinda di BRI, dan berapa jumlahnya, Sofyan menjawab, "Saya tidak tahu. Ada atau tidak, berapa jumlahnya rekeningnya, saya juga tidak tahu. Kalau saya beri tahu, nanti saya ditangkap."

Daftar Pemenang Bidadari Oktagon di One Pride MMA 78

"Saya tidak boleh memberi tahu rekening seseorang. Kecuali ada urusan dan mendapat surat dari BI dan kepolisian," tegas Sofyan. (eh)

Kiper Indonesia U-23, Ernando Ari

Ernando Ari Tanyakan Hal ini ke PSSI soal Maarten Paes

Anggota Exco PSSI, Arya Sinulingga mengungkapkan, Ernando Ari menanti kehadiran pemain naturalisasi Maarten Paes dalam Skuad Garuda. 

img_title
VIVA.co.id
12 Mei 2024