Inpex Bangun Ladang Gas Terbesar Kedua di RI

Kilang minyak offshore
Sumber :
  • orrtextile.com
VIVAnews - Perusahaan minyak asal Jepang, Inpex Corporation, akan mengembangkan lapangan gas Abadi yang terletak Blok Masela yang terletak di laut Arafuru, Maluku. Inpex akan membenamkan investasi sebesar US$19 miliar termasuk biaya operasi selama 30 tahun.
Bikin Istri dan Pacar Senang, Ini Pilihan Mobil Baru Buat Gaji UMR

Untuk memuluskan rencana tersebut, delegasi Inpex Corporation hari ini mengadakan pertemuan dengan Menteri Koordinator Perekonomian, Hatta Rajasa, di kantornya, Jumat, 16 September 2011.
Film Keajaiban Air Mata Wanita Sajikan Keajaban dan Kehangatan

Dalam pertemuan tersebut, perusahaan akan menjelaskan rencana investasi di Indonesia, antara lain pengembangan Blok Masela dan Blok Mahakam. Untuk Blok Masela, Inpex berencana kan membangun kilang LNG terapung Masela tahap pertama di tengah laut Arafuru.
Jaga Kaki Tetap Sehat, Ini 5 Tips Pilih Sandal yang Nyaman

"Untuk tahap pertama akan mulai beroperasi 2017-2018 dan akan memproduksi 2,5 juta ton LNG," kata Hatta seusai pertemuan dengan delegasi Inpex Corp di kantornya, Jumat, 16 September 2011.

Menurut Hatta, nantinya blok Masela akan menjadi lapangan gas terbesar di Indonesia kedua setelah Blok Mahakam yang sahamnya juga dimiliki oleh Inpex Corp sebesar 50 persen. Pasokan gas dari Blok Masela akan dipasarkan untuk pasar domestik.

Untuk pengembangan blok Mahakam, pemerintah berharap gas dari ladang gas tersebut akan dialokasikan untuk kebutuhan di pulau Jawa. Saat ini sedang dibangun  receiving terminal di Jawa Barat. Terminal penerima gas ini dibangun lewat kerjasama antara Pertamina dan PGN.

"Untuk kebutuhan domestik, dalam ketentuan 20 persen harus masuk ke kita, minimal, disesuaikan dengan kebutuhan. Disamping itu juga untuk ekspor karena cukup besar," kata Hatta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya