DPR Kirim Tim ke Perbatasan dengan Malaysia

Warga di perbatasan Indonesia-Malaysia
Sumber :
  • Bayu | Pontianak (antv)

VIVAnews - Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat telah menandatangani surat menyetujui pengiriman tim Dewan ke perbatasan Indonesia dengan Malaysia.

Cara Taspen Perkuat Srikandi Jadi Penggerak Finansial

DPR ingin meninjau langsung kondisi perbatasan kedua negara menyusul munculnya informasi pencaplokan wilayah Indonesia oleh Malaysia.

"Untuk mendapatkan info yang detail mengenai kemungkinan digesernya patok-patok," kata Wakil Ketua DPR, Priyo Budi Santoso, di Jakarta, Rabu 12 Oktober 2011.

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

Priyo meminta pemerintah tidak perlu bereaksi secara reaktif tapi lebih proaktif melakukan langkah-langkah sehingga temuan DPR soal adanya pencaplokan wilayah menjadi alat pemecut. "Agar pemerintah melakukan langkah-langkah luar biasa mempertahankan jengkal tanah di perbatasan," kata Priyo.

Kemudian, menteri yang menjadi kepala pengelola badan perbatasan harus segera melakukan langkah konkret dengan tim terkait dan melaporkan kepada Presiden. "Kalau perlu anggaran khusus untuk meningkatkan harkat martabat lingkungan dari masyarakat kita yang ada di perbatasan," kata Priyo.

Wakil Ketua KPK Dilaporkan ke Dewas Terkait Pelanggaran Etik

"Sebab yang kita temukan saat melakukan kunjungan daerah yang masuk wilayah  Malaysia penduduknya itu berpendar cahaya.  Sementara kita gelap-gulita. Kan itu jadi pilu juga," kata Priyo.

"Padahal itu kan jadi halaman kita punya negeri. Sekali lagi ini momentum bagus untuk pemerintah berpacu dengan langkah-langkah terbaik mengenai perbatasan."

Pemerintah juga diminta tidak bicara konservatif bahwa masalah perbatasan sedang dibicarakan dengan Malaysia. "Saya sarankan pemerintah harus bersikap tegas," kata Priyo. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya