Jembatan Kukar Runtuh

2,8 Juta Ton Batu Bara Tak Bisa Lewat

Ilustrasi/Kapal pengangkut batu bara
Sumber :
  • Antara/ Hisar Sitanggang

VIVAnews - Kementerian Perhubungan mengungkapkan, ambruknya Jembatan Kutai Kartanegara yang melintasi Sungai Mahakam, Kalimantan Timur menyebabkan 30-40 kapal tongkang pengangkut batu bara tidak bisa melintas. Setiap kali melintas, sekitar 70 ribu ton batu bara lalu lalang di jalur tersebut.

"Perlu bantuan untuk mengambil puing supaya ekonomi batu bara bisa jalan," kata Menteri Perhubungan EE Mangindaan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin, 28 November 2011.

Mangindaan mengungkapkan, kementeriannya siap menyediakan bantuan untuk mengatasi dampak dari runtuhnya Jembatan Kutai Kartanegara. Untuk saat ini, setidaknya terdapat lima jenis bantuan yang disiapkan antara lain evakuasi korban meninggal dan penyediaan tiga kapal tongkang untuk mengangkut puing-puing sisa jembatan.

Kemenhub juga tengah mengupayakan penyediaan empat unit kapal tongkang yang berasal dari perusahaan swasta.

Upaya lain yang dilakukan Kemenhub adalah membangun pos komando penanggulangan dan pengaduan di Polres Tenggarong, Kaltim. Selain itu adalah membantu perencanaan survei di bawah air.

Untuk membantu aktivitas masyarakat, Mangindaan menyatakan pihaknya telah menyediakan kapal transportasi guna mengangkut penduduk yang bersekolah dan bekerja menyeberangi sungai Mahakam.

"Dua unit kapal roro (roll on-roll off) dari Balikpapan dan Batu Licin di Kalimantan Selatan disiapkan untuk membantu penyeberangan," kata Mangindaan.

Selain itu, Kemenhub telah berkoordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk penyediaan dermaga di kedua sisi sungai. "Kalau tidak ada dermaga, tidak bisa," kata Mangindaan.

Tragis, Casemiro Terbuang dari Timnas Brasil di Copa America Gara-gara Main di MU

Dia menambahkan pihaknya juga berkoordinasi dengan Badan SAR Nasional untuk memonitor korban musibah runtuhnya jembatan Kutai Kartanegara. (art)

Jokowi di pernikahan Riky Febian

Jokowi Hadiri Pernikahan Rizky Febian & Mahalini, Sule Ungkap Momen Mengharukan!

Momen kedatangan Jokowi di pernikahan Rizky Febian dan Mahalini itu diunggah langsung oleh keluarga pengantin yakni Sule, ayah dari Rizky Febian.

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024