Dahlan Promosi Rel Ganda KAI Jakarta-Surabaya

Pergantian Wesel Kereta Api
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews - Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengungkapkan jika proyek jalur ganda kereta api Jakarta-Surabaya selesai, maka akan terjadi perubahan besar dalam hal transportasi barang.

Dahlan menjelaskan proyek infrastruktur PT Kereta Api (PTKA) terbesar adalah proyek jalur ganda (double track) Jakarta-Surabaya yang diharapkan selesai pada dua tahun mendatang.

Wakil Ketua KPK Dilaporkan ke Dewas Terkait Pelanggaran Etik

"Kita semua bertekad  menjadikan (merealisasikan) itu. Sehingga kalau sudah selesai, maka angkutan barang bisa lebih terprogram," kata Dahlan dalam CEO/Owners Meeting di Jakarta, Selasa, 17 Januari 2012.

Menurut Dahlan, salah satu angkutan barang yang terprogram adalah distribusi air minum kemasan dari pabrik Aqua. Perusahaan air minum tersebut rencananya akan menggunakan jalur kerata api Jakarta ke Surabaya maupun sebaliknya untuk mengangkut produk mereka. "Ini inisiatif Aqua,"katanya.

Diakui Dahlan, pendistribusian air minum Aqua ini merupakan salah satu cara untuk mengurangi beban jalan yang bisa terjadi dengan beroperasinya jalur ganda kereta api.

"Aqua itu mempunyai beban tonase yang berat, setiap hari, dan itu bisa dihitung,"katanya.

Selain Aqua, lanjut Dahlan, PTKA juga mengaku siap diajak bekerja sama jika ada perusahaan lain yang ingin menjadikan kereta api sebagai moda transportasi barang.

Video Toyota Calya Terjebak di Lumpur, Ada Cara Aman untuk Lolos

"Jika PTKA dan Aqua jadi, maka ini bisa menjadi model selanjutnya," katanya. (umi)

Ilustrasi memasak.

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

Tradisi hantaran di Indonesia merupakan kebiasaan bertukar hadiah makanan atau barang lainnya sebagai bentuk ungkapan rasa syukur, kasih sayang, dan penghargaan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024