Abu Letusan Lokon Buat Warga Sesak Nafas

Gunung Lokon Meletus
Sumber :
  • ANTARA/Jemmy

VIVAnews – Abu Gunung Lokon yang menghujani Kota Tomohon, Sulawesi Utara, membuat warga sulit bernafas. Gunung Lokon meletus pagi ini, Jumat 10 Februari 2012, pukul 8.20 Wita.

Abu letusan Lokon menyembur sekitar 2.000 meter dari kawah Tompaluan, dan menyebar ke wilayah Matani, Tumatangtang, Woloan, Tara Tara, Saronsong, serta Walian di Kota Tomohon.

Berdasarkan pantauan VIVAnews, ketebalan abu vulkanik yang ada di pusat Kota Tomohon berkisar 2-3 milimeter. TNI dan Polres Kota Tomohon pun mebagikan masker kepada masyarakat.

Ketua Posko PVMBG Pos Pengamatan Gunung Lokon, Farit Rustada Bina, menyatakan warga dilarang untuk mendekati Gunung Lokon dengan radius 2,5 km dari kawah Tompaluan. “Karena gunung masih beraktivitas dan mengeluarkan hembusan,” ujar Farit.

Aktivitas Gunung Lokon sudah tinggi sejak Kamis, 9 Februari 2012 kemarin. Peningkatan aktivitas vulkanik Lokon akhirnya berujung pada meletusnya gunung itu pagi ini. (sj)

KPAI Turun Tangan Bantu Anak Korban Curas Berdarah di Garut
Gelandang Manchester united, Bruno Fernandes

Bruno Fernandes ke Barcelona, De Jong ke Manchester United

Manchester United dikabarkan telah menawarkan kapten mereka Bruno Fernandes dalam kesepakatan pertukaran yang menakjubkan di musim panas musim depan.

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024