Putri Probosutedjo Diperiksa KPK

Mamik Soeharto dan Probosutedjo melepas merpati
Mamik Soeharto dan Probosutedjo melepas merpati
Sumber :
  • VIVAnews/ Fajar Sodiq

VIVAnews - Direktur Utama PT Buana Estate, Rita Ria Kurnianta Probosutedjo diperiksa oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Putri ketiga pengusaha Probosutedjo akan diperiksa dalam kasus korupsi proyek Hambalang, Bogor, Jawa Barat.

"Yang bersangkutan diperiksa sebagai saksi," kata Kepala bagian pemberitaan dan informasi KPK, Priharsa Nugraha di kantornya, Senin, 24 September 2012.

Rencananya, Rita akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Deddy Kusdinar. Selain Rita, KPK juga akan memeriksa Dirut PT Assa Nusa Ind, Saul Paulus David Nelwan, dan Direktur Operasional I PT Adhi Karya, Teuku Bagus Muhammad Nur. Keduanya juga diperiksa untuk tersangka Deddy Kusdinar.

Sebagaimana diketahui, Hak guna tanah di Desa Hambalang, Citeureup, Bogor seluas 700 ribu hektar sebelumnya dimiliki oleh Probosutedjo melalui PT Buana Estate. Perusahaan itu sekarang dikelola oleh anak dari adik mantan penguasa orde baru ini.

Dalam kasus korupsi proyek Kemenpora ini, KPK telah menetapkan Kepala Biro Perencanaan Keuangan dan Rumah Tangga Kemenpora Deddy Kusdinar sebagai tersangka. Deddy selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) itu dijerat Pasal 2 ayat 1 atau Pasal 3 UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Korupsi Jo. Pasal 55 Ayat 1 ke-1 KUHP dengan maksimal hukuman 20 tahun penjara. (umi)