Ratusan Fosil Telur Dinosaurus Ditemukan di Spanyol

Dinosaurus jenis sauropoda
  • link2universe.net

VIVAnews - Para peneliti dari Spanyol berhasil menemukan ratusan fosil telur dinosaurus di daerah perairan timur Spanyol. Kemungkinan telur-telur ini telah ditinggalkan oleh dinosaurus Sauropoda -jenis dinosaurus berleher dan berekor panjang serta berkepala kecil- pada jutaan tahun lalu.

Temuan itu berupa telur, fragmen telur, dan puluhan jejak kaki dinosaurus. Semuanya berhasil ditemukan di lapisan bebatuan di situs geologi Coll de Nargo di Provinsi Lleida, Spanyol. Menurut peneliti, situs itu dulunya adalah sebuah daerah rawa, tepatnya pada periode Cretaceous yaitu sekitar 145 juta tahun lalu.

"Selain itu kami juga menemukan kulit telur dan sarangnya. Ini adalah temuan terbesar. Telur-telur itu dipastikan milik dinosaurus Sauropoda," ujar Albert Garcca Selles, Pemimpin penelitian dari Miquel Crusafont Catalan Palaeontology Institute, dilansir NBC News, 27 Maret 2013.

Ia juga menyampaikan, berdasarkan hasil analisis, tim peneliti menemukan bukti bahwa ternyata telur itu juga berasal dari spesies lain. "Yaitu dari spesies Cairanoolithus roussetensis, Megaloolithus aureliensis, Megaloolithus siruguei and Megaloolithus baghensis," jelas Selles.

Situs geologi Coll de Nargo memang dikenal sebagai salah satu daerah yang menjadi tempat bersarangnya dinosaurus. Banyak peneliti yang telah menemukan bukti-bukti keberadaan dinosaurus di situs Coll de Nargo.

"Sebelumnya kami belum pernah menemukan begitu banyak telur di satu area. Ini menunjukkan bukti baru bahwa beberapa spesies dinosaurus berbagi sarang untuk telur-telurnya," kata Selles.

Penemuan telur-telur ini juga akan membantu para peneliti untuk melacak kapan terbentuknya situs Coll de Nargo. "Kami memprediksi situs Coll de Nargo terbentuk pada di antara 71 sampai 67 juta tahun lalu," ujar Selles.

Hasil penelitian ini sudah diterbitkan di Jurnal Cretaceous Research. (eh)

Starlink 'Main' di Daerah 3T Saja, Jangan Perkotaan
anwar fuady

Alasan Anwar Fuady Kepincut Wiwiet Tatung hingga Mantap Menikah di Usia 77

Anwar Fuady dan Wiwiet memiliki kemistri yang nyambung satu sama lain. Kemudian, Anwar juga mengungkap jika Wiwiet adalah sosok perempuan yang baik hati dan cerdas.

30 April 2024